Berita

Sebagai akhir dari rangkaian acara ICONELT 4th 2024, program studi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI), FTK, UINSA masih melanjutkan penyelenggaraan konferensi internasional dengan tema “Transformative ELT: Innovation, Autonomy, and 21st Century Skills” bertempat di Amphitheater Room, 3rd Floor Teungku Ismail Yakub  Gedung Twin Towers UINSA Surabaya pada Jum’at, 13 September 2024.

Di hari ketiga ini, open gate dimulai sejak pukul 07.30 dan acara dibuka oleh MC pada pukul 08.00 WIB. Tema yang dibahas pada Plenary Session  pertama adalahi ‘Digital Literacy dan Penggunaan AI’ yang perlu dikenal dan diimplementasikan oleh pendidik maupun mahasiswa. Masih sama dengan rangkaian sebelumnya, Day 3 ICONELT dihadiri oleh mahasiswa PBI dari semester 1 hingga semester 7 juga delegasi beberapa universitas maupun sekolah mitra yang bekerja sama dengan UIN Sunan Ampel Surabaya.

Acara selanjutnya disambung dengan seminar yang disampaikan oleh Jinsil Jang, Ph. D., dari Gangneung-Wonju National University, South Korea, yang dimoderatori oleh dosen Pendidikan Bahasa H. Mokhamad Syaifudin, M.Ed, Ph.D. Pada sesi ini, Jinsil Jang, Ph. D membahas “Innovative Methods in Researching Digital Literacies” yang berisi penjelasan fokus penelitian tentang bagaimana siswa multibahasa yang baru muncul terlibat dalam penulisan translingual di berbagai konteks, termasuk di rumah dan sekolah, serta dampak praktik ini terhadap agensi mereka. Profesor Jinsil Jang, Ph. D juga memperkenalkan konsep literasi digital yang melibatkan tidak hanya keterampilan teknis tetapi juga penerapan keterampilan tersebut dalam konteks yang beragam, serta mempertanyakan apakah metode pengumpulan data yang ada cukup untuk mempelajari praktik literasi digital.

Seminar sesi pertama berlangsung hingga pukul 09.40 WIB lalu beralih ke parallel session untuk partisipan dengan pemaparan hasil penelitian mereka. Sesi ini partisipan dibagi dalam beberapa ruang yang diplot untuk dua sesi berbeda. Pada setiap ruang berisi 4-5 presenter serta satu moderator dari mahasiswa aktif di program studi Pendidikan Bahasa Inggris UINSA Surabaya. Selain mahasiswa, parallel session ini juga diikuti oleh beberapa dosen dan guru yang memiliki ketertarikan dalam penelitian di bidang English Language Teaching dengan berbagai sub-tema yang meliputi exploring student, teachers and students perspective, the challenges, class climate, and also improving students critical thinking. 

Sesi seminar selanjutnya menghadirkan  Prof. Dr. Mohammad Salik, M. Ag., dan dimoderatori oleh Hanafi, MA. sebagai salah satu representasi dari dosen program studi Pendidikan Bahasa Inggris. Pada kesempatan kali ini, Prof. Dr. Mohammad Salik, M. Ag. membawakan topik yang berjudul “Ethical Perspectives in the Use of Artificial Intelligence in Research”. Topik ini berfokus pada fakta bahwa ada sisi AI yang tidak dapat menggantikan posisi guru sebagai motivator, pengajar dan pendidik.

Sebelum penutupan, ada persembahan dari mahasiswa PBI UIN Sunan Ampel Surabaya, Yakni Zahra yang membawakan lagu The Only Me yang dipopulerkan oleh Kaleb-J. Persembahan ini cukup menghibur dan membuat peserta konferensi bisa menikmati jeda yang ada.

Sesi terakhir di hari terakhir ICONELT 2024 diisi dengan pengumuman 3 Best Presenter in ICONELT 2024. Yakni Thomas dari University of Illinois Champaign-Urbana, Yarza Abdi Yoan Putra dari Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris UIN Sunan Ampel Surabaya, dan juga Mukrim dari Tadulako University. Diucapkan selamat atas partisipasi yang luar biasa di acara ICONELT 24th 2024 ini, dan ditutup oleh Prof. Dr. Husniyatus Salamah Zainiyati, M. Ag selaku Wakil Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan juga tak lupa foto bersama guna memeriahkan penutupan ICONELT 4th 2024.

Penulis: Dino

Editor: Nailal Himmah Attaroqiya