Berita

INI PESAN DIREKTUR DIKTIS SAAT RAKER DAN FGD WAREK BIDANG AKADEMIK PTKIN

UINSA Newsroom, Senin (06/02/2023); Dalam rangka membangun sinergi dan penguatan akademik PTKIN, Forum Wakil Rektor I/Ketua I PTKIN menggelar Rapat Kerja dan Focus Group Discussion (FGD) pada Ahad-Selasa, 5-7 Februari 2023. Kegiatan digelar di Ruang Pertemuan Lt. 3 Tower KH. Mahrus Aly UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya.

Hadir dalam pembukaan kegiatan, Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Diktis) Kemenag RI, Prof. Dr. Ahmad Zainul Hamdi, M.Ag. Dalam sambutannya, Direktur Diktis menjelaskan, bahwa dalam rangka merespon kebutuhan transformasi kelembagaan, Diktis akan mendorong percepatan alih status STAIN menjadi IAIN, dan IAIN menjadi UIN.

“PTKIN yang masih berstatus SATKER biasa, akan didorong menjadi Satker BLU. Sedangkan yang sudah BLU akan didorong menjadi PTN-BH,” imbuh Prof. Inung-sapaan akrab Direktur Diktis.

Lebih lanjut disampaikan Direktur Diktis, di bidang penelitian Diktis akan mengatur penelitian skala besar dengan kerjasama internasional. Sedangkan penelitian terapan, pengembangan kelembagaan, pengembangan keilmuan akan diserahkan pada kampus. “MBKM, di PTKIN juga akan disubsidi pendanaan sebagaimana MBKM di kemendikbud, yang bersumber dari LPDP,” tegas Prof. Inung.

Tak lupa, Direktur Diktis juga akan memastikan penguatan status akreditasi, baik prodi maupun Institusi. “Jika perlu ada pendampingan, akan diberikan pendampingan,” tukas Prof. Inung.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan UINSA Surabaya, Prof. Dr. H. Ali Mudlofir, M.Ag., mewakili tuan rumah kegiatan menyampaikan ucapan terima kasih atas perkenan menjadikan UINSA Surabaya sebagai lokasi acara. Kegiatan ini diharapkan dapat membawa manfaat bagi perkembangan PTKIN di Indonesia.

“Melalui kegiatan ini diharapkan, PTKIN semakin berdaya saing dan mandiri. Baik di bidang akademik maupun pengelolaan kelembagaan,” ujar Prof. Ali penuh harap. (*)