Berita

@Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Tuesday, 4 January 2022

INDEK KINERJA UTAMA FISIP 2021 TELAH TEREALISASI,  SEPERTI APA RESOLUSI TAHUN 2022?

Jumat, 31 Desember 2021 menjadi hari bersejarah bagi FISIP untuk menyampaikan hasil capaian melalui lapora kinerja utama (IKU) tahun 2021. Kegiatan ini menjadi rutinitas setiap akhir tahun untuk melakukan proses evaluasi dan merencanakan kegiatan tahun berikutnya. Kegiatan laporan kinerja tahunan FISIP dilakukan secara daring yang menghadirkan seluruh pimpinan, dosen dan mahasiswa juga tenaga kependidikan.

Diawal sambutan Dekan Prof. Akh. Muzakki, Grad. Dip SEA. M.AG. M.Phil Ph.D. menyampaikan bahwa, FISIP harus selalu memiliki komitmen untuk melakukan proses evaluasi untuk mencapai target yang diharapkan. Perencanaan kegiatan setiap tahun harus dapat direalisasikan dan di monitoring setiap tri wulan agar, pelaksanaan kegiatan dapat berjalan dengan lancar.

Pimpinan FISIP membuat resolusi di Tahun  2022 diantaranya; pertama, Penguatan produktivitas karya ilmiah; a) Kontrak kinerja publikasi. b) one semester one articleKedua, Penguatan kapasitas penyelenggaraan smart class: a) Literasi smart class. b) Upgrading fasilitas pemanfaatan fasilitas smart class. Resolusi tersebut menjadi salah satu cara mencapai target yang diharapkan agar, FISIP selalu terdepan meskipun, lahir paling akhir.

Laporan IKU tahun 2021 FISIP memiliki program kegiatan sebanyak 29 kegiatan dengan skema anggaran berbasis RKAKL sebanyak Rp. 729.780.000,-. Nominal tersebut dapat digunakan melaksanakan kegiatan sebanyak 41 kegiatan sehingga, melampaui target kegiatan yang direncanakan.  Jumlah nominal tersebut dapat melakukan efisiensi anggaran sebesar Rp. 153,058,343,-. Prosentasi serapan anggaran sebanyak 79,03 % dengan nominal Rp. 576,721,657,- Hal ini karena, kegiatan Yudisium tidak memerlukan biaya dan honor magang sebagian besar dosen pamong tidak berkenan menerima serta anggaran untuk sertifikasi mahasiswa tidak dapat dilakukan karena, jumlah nominal tidak mencukupi untuk per pax mahasiswa. Kondisi ini memerlukan proses penyesuaian untuk perencanaan tahun 2022.

Kinerja utama FISIP meliputi dua hal penting diantaranya; pertama, kinerja keuangan, meliputi; pendapatan ligalisir sebanyak Rp.  3,268,000,-, kerjasama dengan lembaga mitra sebanyak Rp. 203,822,100,- (yang kita klaim untuk kegiatan diskusi nasional bersama dengan DPD RI dan pemberian penghargaan kepada penulis essay terbaik dari aspinal scholarship) dan asset FISIP terdiri dari; gedung, furniture dan equipment sekitar Rp. 48 milyar.

Indek kinerja utama (IKU) yang kedua adalah pelayanan prima, meliputi: a) target lulusan satu tahun sebanyak 145 alumni yang belum bekerja sekitar 14 alumni target capaiannya 85 %. b) target prestasi mahasiswa yang berprestasi nasional 21 mahasiswa dan prestasi internasional 1 mahasiswa. Jumlah ini perlu dimaksimalkan sehingga, prestasi mahasiswa semakin meningkat. c) Capaian prestasi dosen FISIP berdasarkan home base prodi sebanyak 25 dosen yang berprestasi berdasarkan publikasi penelitian dan pengabdian masyarakat sebanyak  17 dosen sehingga, capaiannya sebesar 80 %. d) persentasi kerjasama lembaga mitra dari tiga prodi sebanyak 50 lembaga mitra mencapai target 100 %.

Diakhir sesi, FISIP memberikan penghargaan kepada kinerja pelayanan akademik dan pembelajaran berdasarkan survei kepuasan mahasiswa melalui google form sebanyak 521 mahasiswa. Kategori dosen terbaik dalam pembelajaran adalah Bapak Husnul Muttaqin, M.Si. Untuk kategori pelayanan akademik terbaik bagi dosen dengan tugas tambahan adalah ibu Holilah, M.Si dan pelayanan akademik terbaik bagi tenaga kependidikan ibu Aslamiyah, MM. Masing-masing mendapatkan souvenir keren FISIP ambassador dan sertifikat.

Acara yang dirangkai begitu santai dan meyenangkan tersebut memberikan kesan  mendalam bagi seluruh yang hadir pada acara refleksi akhir tahun tersebut. Tayangan kaleidoskop kegiatan, capaian penguatan lembaga dari publikasi jurnal fisip dan pembelajaran hybrid memberikan semangat dan silaturrahim tetap terjaga dengan baik. Jumpa darat segera dapat dilakukan di kampus 2 Gunung Anyar yang sangat fantastis dan menarik untuk dikunjungi. Selamat dan semangat untuk mempersiapkan resolusi tahun 2022. FISIP keren, selalu beda. (ani)