Berita

Hadirkan Praktisi dan Advisor Mendeley, Prodi PPG gelar Workshop Penelitian Tindakan Kelas

PPG News, Kamis, 1 September 2022. Sehari sebelum memasuki tahapan lokakarya Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Program Studi Pendidikan Profesi Guru (PPG) berikan penguatan kapasitas penyusunan PTK kepada seluruh mahasiswa PPG LPTK UINSA. Penguatan kapasitas guru dalam penyusunan PTK digelar secara daring melalui platform Zoom Meeting.

Acara diawali dengan registrasi peserta dilanjutkan dengan pembukaan yang dipandu langsung oleh ibu Fahmy Imaniar M.Pd selaku Master of Ceremony (MC). Pada sesi pembukaan ibu Ainun Syarifah, M.Pd.I dalam sambutannya menitip harapan kepada seluruh peserta agar mengikuti kegiatan workshop dengan sungguh-sungguh sebagai bekal dalam mengikuti tahapan PPG khususnya penyusunan proposal PTK.

Materi Penelitian Tindakan Kelas disampaikan oleh Ibu Rizka Safriyani, M.Pd (Dosen/Praktisi) berlangsung  secara Interaktif. Peserta secara langsung dipandu cara mengidentifikasi masalah, teknik perumusan judul, latar belakang, rumusan masalah serta pengenalan tahapan dalam PTK. Selanjutnya, teknis terkait sumber referensi dan teknik sitasi disampaikan oleh Ibu Juhaeni, M.Pd.I (Sekprodi PPG/Advisor Mendeley) mulai dari registrasi akun mendeley, download, Install mendeley hingga cara memasukkan sumber referensi dan cara mengutip serta pembuatan daftar pustaka.

Setelah pemaparan materi, sesi terakhir yakni sesi diskusi yang berlangsung cukup lama karena para peserta sangat antusias dalam mengikuti kegiatan workshop. Kedua pemateri dan pihak prodi juga sangat responsif dengan pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan oleh peserta. [Aini]