Berita

Ahmad Yani, Surabaya — (04/02/2024) Tenaga Kependidikan Fakultas Psikologi dan Kesehatan Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (FPK UINSA) turut mengikuti kegiatan Best Practices Experiental Learning (BETTER) UINSA Series-2 yang diadakan pada hari Jumat, 2 Februari 2024 melalui via online atau zoom meeting. Kegiatan ini dimulai pada pukul 08.00 WIB hingga 10.00 WIB dan dipimpin langsung oleh Prof. Akh. Muzakki, M.Ag, Grad.DIP.SEA., M.Phil., Ph.D. selaku Rektor UINSA.

Acara dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hymne UINSA yang diikuti dengan khidmat oleh seluruh peserta. Kegiatan dilanjut dengan pembukaan oleh Dr. Ali Mustofa, M.Ag selaku Ketua Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) UINSA. Beliau menyampaikan bahwa kegiatan kali ini merupakan kali kedua UINSA melaksanakan BETTER UINSA yang telah dilaksanakan sejak tahun lalu. Setelah penyampaian laporan, para peserta berdoa bersama sebelum masuk ke inti kegiatan yang akan dipimpin oleh Prof. Saiful Jazil.

Agenda berikutnya yakni penyampaian materi yang dipandu oleh Holilah, M.Si. Adapun penyampaian materinya sendiri langsung dari Prof. Akh. Muzakki, M.Ag, Grad.DIP.SEA., M.Phil., Ph.D. selaku Rektor UINSA. Materi yang disampaikan tersebut bertemakan, “Strengthening Integrasi Keilmuan Twin Towers” yang tentunya bisa digunakan sebagai patokan bagi para tenaga kependidikan UINSA.

Adapun kategori dari penyampaian tersebut ada beberapa point yang harus diperhatikan oleh setiap tenaga kependidikan UINSA, antara lain yakni RPS Integrasi Keilmuan Twin Towers, Modul Integrasi Keilmuan Twin Towers, Peneliti/Publikasi Integrasi Keilmuan Twin Towers Dosen/Mahasiswa, Pengabdian Berbasis Mata Kuliah Integrasi Keilmuan Twin Towers, Pembelajaran Service Learning Integrasi Keilmuan Twin Towers.

Tenaga kependidikan FPK turut memberikan warna dalam kegiatan BETTER UINSA Series-2 kali ini. H. M. Fahmi Aufar Asyraf, B.Ed., M.A mewakili FPK untuk menyampaikan kategori better terkait Pengabdian berbasis mata kuliah integrasi keilmuan twin towers. Ia berhasil memaparkan bahasan Level Integrasi keilmuan psikologi – Intervensi Psikologi Individu dan Komunitas, Psikologi Eksperimen, Psikologi Kognitif dengan keagamaan.

Setelah penyampaian beberapa materi, kegiatan dilanjutkan dengan review kegiatan BETTER UINSA Series-2 yang dipimpin langsung oleh Prof. Dr. Hj. Evi Fatimatur Rusydiah, M.Ag. Beliau menyampaikan banyak hal penting yang harus senantiasa diterapkan oleh para dosen UINSA saat mengajar para mahasiswanya.

Pukul 10.00 WIB tepat, kegiatan ditutup oleh closing statement terlebih dahulu yang disampaikan oleh Rektor UINSA. Beliau sangat mengapresiasi kegiatan BETTER UINSA ini dan hendaknya ini bukan hanya sekedar pengalaman untuk 6 orang saja, namun harus di sebar luaskan dan dapat ditiru oleh seluruh Dosen UINSA. Dengan harapan bahwa kualitas dari para pengajar juga semakin meningkat, dan mahasiswa akan bertambah semangat dalam belajar.

Writer: Najwa Laska Halqi
Editor: M. Ata Zaidan Taufiqi