Berita

Syariah dan Hukum

Thursday, 28 July 2022

Gondol 2 Trofi: FSH-UINSA Juarai Kompetisi Hukum Tingkat Nasional

Rabu, 27 Juli 2022 Tim Debat Hukum dan Astronomi Fakultas Syariah dan Hukum-UIN Sunan Ampel Surabaya berhasil merebut Juara pada kompetisi yang diadakan oleh Fakultas Syariah IAIN Ponorogo. Kompetisi yang dinamakan JUST FEST 2022 tersebut memperlombakan beberapa cabang lomba diantaranya ialah Debat Hukum Tingkat Nasional dan Astrophotografi.

Dalam gelaran kompetisi ini, Fakultas Syariah dan Hukum mendelegasikan mahasiswanya pada dua cabang lomba, yakni Debat Hukum Tingkat Nasional dan Astrophotografi. Delegasi Tim Debat Hukum yang diwakili oleh anggota Law Debate Community (LDC) berhasil mendapatkan Juara 1 dan uang pembinaan sebesar Rp. 1.500.000. Adapun mahasiswa yang mewakili Debat Hukum ialah Deanna Nurtifara (HKI), Umi Azmi Fitriyah (HTN) dan Vina Septi Megita (HTN).

Secara umum, kompetisi Debat Hukum dilaksanakan secara hybrid dan berjenjang. Babak Pertama ialah seleksi administratif beserta dengan seleksi artikel ilmiah. Berikutnya akan diambil sejumlah 8 (delapan) tim dengan artikel terbaik. Pada babak ini Tim Law Debate Community (LDC) berhasil mendapatkan peringkat ke tiga. Selanjutnya dari 8 (delapan) besar, dipertandingkan kompetisi debat secara langsung dan diambil 3 Finalis untuk kemudian diundang secara luring di IAIN Ponorogo. Baik pada babak 8 (delapan) besar ataupun babak Final, Tim Law Debate Community (LDC) berhasil mendapatkan Juara 1.

Selain Tim Debat Hukum, terdapat pula Tim Astronomi yang mengikuti kompetisi Astrophotografi. Kompetisi yang diwakili oleh Achmad Nurfathoni Arifudin (IF) juga berhasil mendapat Juara 2. Meskipun sudah semester akhir Achmad Nurfathoni Arifudin (IF) masih tetap dengan gigih mengikuti kompetisi sesuai dengan bidangnya. “Karena memang berbeda dengan kompetisi debat hukum, kompetisi di bidang astronomi terkhusus ialah ilmu falak masih sangat jarang”.pungkasnya.

Selain itu, turut serta mendamping pada kompetisi ini ialah Bapak Faizur Rohman, M.HI dan Bapak Moh. Bagus, M.H yang dengan teguh dan konsisten memberikan kajian dan latihan secara rutin kepada mahasiswa. Bapak Bagus menyampaikan bahwa “Hasil ini merupakan akibat yang ditumbulkan dari semangat teman-teman dalam belajar dan berlatih. Harapanya kedepan temen-temen dapat menghasilkan banyak kejuaraan pada kompetisi yang berbeda dan lebih bergensi”. Imbuhnya.

Sebatas Informasi:

Juara Debat Hukum JUST FEST 2022

Juara 1 UIN Sunan Ampel Surabaya

Juara 2 UIN Datokrama Palu

Juara 3 IAIN Ponorogo

Juara Astophotografi

Juara 1 IAIN Ponorogo

Juara 2 UIN Sunan Ampel Surabaya

Sholeh