Berita

Ekonomi Syariah

Thursday, 28 July 2022

Kunjungan Tim FEBI UINSA Surabaya dan Penyerahan Bantuan Pengembangan Desa Wisata Ledug

Pada hari Sabtu, tanggal 25 Juni 2022. Tim Mahasiswa Sociopreneur program studi Ekonomi Syariah UIN Sunan Ampel Surabaya dan tim Dosen Prodi Ekonomi Syariah melakukan kunjungan sekaligus penyerahan bantuan pengembangan desa wisata. Desa wisata ini terletak di Desa Ledug, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan. Desa wisata ini merupakan salah satu desa wisata binaan dari prodi Ekonomi Syariah UIN Sunan Ampel Surabaya yang secara langsung didampingi dan dikembangkan oleh mahasiswa bersama masyarakat setempat. Destinasi wisata yang menjadi fokus pengembangan yaitu Air Terjun Granjangan dan Kampung Kembang.

Sesampainya di Balai Desa Ledug, tim program studi Ekonomi Syariah mendapat sambutan yang baik dari pemerintah serta masyarakat desa setempat. Bapak Efendi sebagai perwakilan dari Desa Ledug dalam sambutannya menyampaikan banyak terima kasih tas kedatangan dan kesadaran mahasiswa terhadap pengembangan desa wisata. Selain itu, Bapak Efendi juga turut menjelaskan bagaimana sejarah singkat munculnya ide destinasi wisata Air Terjun Granjangan dan Kampung Kembang di Desa Ledug. Bapak Efendi juga menceritakan kendala yang dialami dalam pengembangan destinasi wisata tersebut salah satunya dikarenakan keterbatasan finansial yang mengakibatkan keterbatasan penyediaan fasilitas wisata.

Selanjutnya, Achmad Room Fitrianto, PhD selaku perwakilan dari tim mahasiswa sociopreneur dan  tim pemberdaya masyarakat desa prodi Ekonomi Syariah UIN Sunan Ampel Surabaya menyampaikan maksud kedatangan tim. Kemudian dilanjut dengan penyerahan dana bantuan pengembangan desa wisata Ledug dengan nominal sebesar Rp. 10.000.000 dan penandatanganan berita acara penyerahan bantuan dilakukan oleh Achmad Room Fitrianto, PhD perwakilan dari FEBI UIN Sunan Ampel Surabaya, kepada  Bapak Efendi sebagai perwakilan dari POKDARWIS Desa Ledug dengan disaksikan oleh beberapa tokoh masyarakat desa.

Penyerahan bantuan ini kemudian dilanjutkan dengan melakukan ke lokasi wisata yang dikembangkan yaitu Air Terjun Granjangan serta Kampung Kembang Ledug. Selain pemandangan alami yang cantik, kedua destinasi wisata tersebut banyak spot-spot foto yang Instagramable. Konsep ini salah satu usulan dan binaan dari Tim Mahasiswa Sociopreneur UIN Sunan Ampel Surabaya. Dengan penerapan konsep tersebut diharapkan dapat memfasilitasi dan memberikan daya tarik wisatawan untuk turut merasakan kenikmatan alam dari Desa Ledug.