Berita

Pendidikan Agama Islam

Thursday, 28 July 2022

DEMI KUALITAS PENELITIAN DAN PUBLIKASI,  PAI MENGADAKAN ACADEMIC WRITING

Diantara tuntutan akademik agar dapat eksis dan tuntas dalam pembelajaran di tingkat S-1, mahasiswa harus menyelesaikan penelitian-skripsi sebagai tugas akhir. Penyelesaian tugas akhir harus berkualitas dan tidak boleh asal-asalan. Oleh karena itu, perlu dilakukan pendampingan dalam proses penulisan skripsi ini. Tidak cukup hanya berhenti di level skripsi, hasil skripsi perlu dimodifikasi menjadi artikel dan di-submit ke jurnal tertentu untuk dipublikasikan.

Dalam rangka memenuhi target di atas, Program Studi (Prodi) Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Tarbiyah (FTK) Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Ampel Surabaya mengadakan pelatihan penulisan akademik (academic writing) untuk mahasiswa yang sudah memprogram skripsi. Dalam sambutannya, Kaprodi PAI (H. Moh. Faizin, M.Pd.I) menyatakan bahwa academic writing ini sangat penting bagi mahasiswa, karena untuk menjadi sukses, orang harus punya skill menulis, komunikasi, dan kolaborasi.

Sementara itu, para narasumber (Dr. Listiyono Santoso, M.Hum, Dr. Muhammad Fahmi, M.Pd., dan Muttaqin Choiri, M.HI) sepakat bahwa mahasiswa harus mempunyai bekal kemampuan menulis, disamping untuk penyelesaian tugas akhir skripsi, juga untuk keperluan-keperluan yang lain, yang membutuhkan skill menulis. Dengan menulis, ide-ide dan gagasan-gagasan dapat kita sebarluaskan secara luas kepada masyarakat.

Kegiatan academic writing yang dikordinasi oleh Prodi Bersama HMP PAI ini dihadiri oleh 150 peserta yang merupakan mahasiswa PAI yang sudah program skripsi. Kegiatan yang dilaksanakan di bulan Juni ini menghasilkan antusiasme tinggi dari peserta dan pemahaman yang kuat bagi mahasiswa tentang teknik penulisan dan publikasi ilmiah. Panitia penyelenggara pun merasa puas atas terselenggaranya kegiatan ini.

Kegiatan academic writing ini perlu menjadi tradisi tahunan Prodi sebagai bentuk tanggung jawab Prodi dalam pemberian pelayanan kepada mahasiswa di bidang penulisan skripsi. Penulisan skripsi perlu didampingi sejak awal proses sampai penyelesaiannya. Pendampingan penulisan skripsi ini menjadi penting agar skripsi mahasiswa berkualitas dan dapat dimodifikasi menjadi artikel yang layak publish di jurnal yang bermutu.