Berita

Sebanyak 16 kelompok yang beranggotakan mahasiswa Prodi Ilmu Kelautan UINSA peserta MK Pencemaran dan Toksikologi Laut 2023 memamerkan hasil inovasinya dengan topik “perancangan upaya pengelolaan/pengendalian pencemaran pesisir dan laut” di Lt. 1 Lobby Fakultas Sains dan Teknologi di Kampus Gunung Anyar UINSA.

Kegiatan yang diselenggarakan pada Rabu, 12 Juli 2023 ini sekaligus digunakan untuk penilaian akhir semester. Selain produk hasil perancangan, gallery walk tersebut juga menampilkan poster penelitian yang menyajikan temuan penelitian sekaligus sebagai sarana diseminasi atau publikasi tiap-tiap kelompok.

Dekan FST UINSA, Dr. A. Saepul Hamdani, M.Pd., mengapresiasi dilaksanakannya kegiatan gallery walk tersebut. “Ini sangat menarik, mahasiswa punya ide-ide luar biasa yang harus terus dieksplorasi”, ujar dekan yang akrab dipanggil dengan Pak Asep ini.

“Kalau diperlukan kita bisa menyiapkan semacam workshop atau bengkel untuk memfasilitasi mahasiswa mewujudkan ide-idenya”, lanjut Dr. Asep ketika mengunjungi stan tiap-tiap kelompok.

Produk inovasi perancangan yang dihasilkan mahasiswa Prodi Ilmu Kelautan semester 4 ini bermacam-macam, mulai dari pemanfaatan limbah untuk material paving block hingga produk perawatan kulit.

Pengunjung gallery walk juga dapat memberikan penilaian dengan memberikan stiker bintang pada produk inovasi atau poster yang disukai.

“Kegiatan ini merupakan salah satu instrumen untuk mengukur capaian pembelajaran yang telah ditentukan. Pengukuran ini tentu sangat bermanfaat untuk melakukan evaluasi, tidak hanya terhadap kurikulum tetapi juga proses pembelajaran yang telah dilakukan”, pungkas Mauludiyah, MT., dosen pengampu MK Pencemaran dan Toksikologi Laut di Prodi Ilmu Kelautan UINSA