Penerbitan Buku

Ulama Perempuan Ulama Ngaji Asah Asih Asuh Mbah Nyai Meneladani, Ide, Sikap, & Laku Lahir Batin Mbah Nyai Musyarrofah (Fattah) binti Bisri Syansuri

Judul : Ulama Perempuan Ulama Ngaji Asah Asih Asuh Mbah Nyai Meneladani, Ide, Sikap, & Laku Lahir Batin  Mbah Nyai Musyarrofah (Fattah) binti Bisri Syansuri

Penulis : Prof. Dr. Hj. Zumrotul Mukaffah., M.Ag.

Desain Cover : A. Maffudz N

Layouter : A. Maffudz N

Jumlah : xii +158

Ukuran : 12 x 18cm

Kategori : Biografi

ISBN : Proses

Sinopsis :

Mbah Nyai Fattah merupakan sosok yang unik dan multitalenta. Istri dari KH. Abd. Fattah Hasyim ini merupakan sosok ulama perempuan yang memiliki keilmuan yang dalam; menjadi sosok ‘ibu’ yang tangguh dalam mendidik anak-anak dan keluarganya; sebagai Ibu asuh yang mengayomi para santrinya; dikenal luas sebagai ahli ibadah sekaligus imam sholat yang menjadi suri tauladan dalam disiplin berjamaah; dan merupakan manajer yang handal, terutama dalam mengelola PPP al-Fathimiyah.

Dalam bermasyarakat, Mbah Nyai Fattah juga terlibat aktif dalam usaha pemberdayaan jamaah. Beliau adalah wakil ketua Muslimat Nahdlatul Ulama (NU) pada saat yang menjabat sebagai ketuanya adalah Mbah Nyai Wahab.

Tentunya, sepak terjang Mbah Nyai Fattah tak perlu diragukan lagi. Banyak sekali hasil

perjuangan beliau yang tetap bertahan hingga kini. Sayangnya, dan harus diakui, karya yang mengupas, mengulas, membahas biografi ulama perempuan, memang sangat langka. Begitu juga saat mencoba mencari karya-karya yang menjelaskan tentang sosok dan peranan Mbah Nyai Fattah ini.

Dengan demikian, buku ini hadir, menjadi salah satu pengisi minimumnya karya yang mengulas peranan ulama perempuan, dan terutama mengisi kekosongan karya yang mencatat peranan Mbah Nyai Fattah. Sehingga kelak, akan semakin banyak yang tertarik untuk merekam jejak perjuangan para perempuan ulama.