Berita
FTK UINSA BERANGKATKAN 659 MAHASISWA PLP II DAN PMPI

Selasa (6/9/2022) sebanyak 659 mahasiswa berkumpul di halaman depan Gedung Fakultas Tarbiyah dan Keguruan guna ikuti upacara pelepasan mahasiswa PLP II dan PMPI. Hadir dalam acara tersebut dekan, para wakil dekan, para pimpinan, kepala laboratorium dan tim laboratorium, tenaga kependidikan dan para dosen pembimbing lapangan.

Upacara pelepasan yang dipandu oleh ibu Nina Indriani, M. Pd. ini berlangsung tertib dan lancar. Mahasiswa berbaris rapi mengenakan jas almamater. Diawali dengan laporan kepala laboratorium Bapak Dr. Taufik, M. Pd. I., PLP II dan PMPI akan dilaksanakan pada 7 September – 2 November 2022 dengan total 1061 personil yang terlibat dalam kegiatan ini baik dari unsur mahasiswa, DPL, guru pamong, kepala sekolah dan kepala lembaga. Lokasi PLP II tersebar di tiga kabupaten dan kota di Jawa Timur sedangkan PMPI di empat belas kabupaten dan kota di Jawa Timur. Pola pembimbingan PLP II berbasis mapel sehingga pada satu sekolah akan ada dua bahkan tiga dosen yang berkunjung untuk melakukan bimbingan. Kegiatan PLP II dan PMPI salah satunya diproyeksikan untuk menghasilkan karya tulis sebagaimana arahan rektor UINSA yaitu one lecture one article.

Dilanjutkan penyerahan Surat Tugas kepada dosen pembimbing lapangan kepada perwakilan dosen PLP II dan PMPI yang menandai penugasan dari dekan kepada dosen untuk melakukan pembimbingan selama pelaksanaan PLP II di madrasah/sekolah dan PMPI di lembaga.

Sambutan dekan sekaligus pelepasan mahasiswa oleh dekan Bapak Prof. Dr. H. Muhammad Thohir, S. Ag., M. Pd. Beliau menyampaikan bahwa mahasiswa akan menuju madrasah/sekolah, kantor kemenag bahkan balai diklat. Sekuntum bunga akan semakin mekar ketika tertimpa sinar matahari, Bunga akan layu jika terus berada di dalam ruangan. Saat di luar bunga akan terus tumbuh, mekar, berbuah, menjadi benih dan akan terus berkembang. Ibarat sekuntum bunga, begitu juga mahasiswa. Ini adalah kesempatan untuk meningkatkan kapasitas keilmuan yang telah diperoleh. Beliau berharap mahasiswa akan memberikan manfaat di tengah-tengah masyarakat. Pesan beliau kepada mahasiswa untuk tidak hanya menjaga kapasita sebagai guru, manajer maupun staf tetapi jangan lupakan integritas, kejujuran, disiplin dan akhlak mulia.

Upacara pelepasan diakhiri dengan bersalaman mahasiswa, pimpinan dan dosen sebagai bentuk pamit untuk berangkat PLP II dan PMPI. Terselip harapan untuk kesuksesan dan kelancaran pelaksanaan PLP II dan PMPI.