Berita

@Fakultas Sains dan Teknologi

Sunday, 27 February 2022

FST UINSA melakukan kunjungan kerja ke Fakultas Teknik Uinversitas Mataram

Rakernas Forum Dekan Teknik Indonesia (FDTI) yang diselenggarakan di Bandung (tanggal 2 s/d 6 Februari 2022) yang lalu, mengamanatkan anggotanya untuk saling melakukan kerjasama dengan fakultas Teknik yang berkaitan. Menindaklanjuti hal tersebut, Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Ampel Surabaya melakukan kunjungan kerja ke Fakultas Teknik Uinversitas Mataram pada tanggal 25 Februari 2022. Ikut dalam rombongan ini Sekjur Sains, KaTU, Kasubag AUK, Kasubag akademik.

Dekan FST Prof Evi Fatimatur Rusydiyah memaparkan bahwa kunjungannya ke Universitas Mataram (UNRAM) ini dalam rangka untuk menjalin Kerjasama dalam hal MBKM, join research antar dosen terkait, serta publikasi di jurnal ilmiah. Selain itu, secara khusus alasan kunjungannya adalah karena UNRAM memiliki jurusan Teknik Sipil yang sudah matang. Jurusan Teknik Sipil UNRAM merupakan jurusan tertua dan telah melahirkan banyak lulusan yang tentunya  kurikulumnya memiliki keunikan sebagai pencirinya yang menjadi daya tarik bagi masyarakat Indonesia Timur. Fakultas Saintek UINSA yang baru mendirikan Prodi Teknik Sipil harus banyak belajar dari jurusan Teknik Sipil UNRAM agar mendapat inspirasi dan masukan dalam mengembangkan kurikulumnya.

Sementara itu, dalam sambutannya bpk. Muhamad Syamsu Iqbal, Ph.D selaku Dekan FT UNRAM menyambut baik kerjasama ini. Hadir pada seremoni penandatanganan naskah kerjasama selain Dekan FT, wadek 1, wadek 3, Kajur Teknik sipil, Kaprodi Arsitektur, kajur Teknik elektro, dan beberapa dosen lainnya. Selepas seremoni penandatanganan naskah kerjasama, dilakukan diskusi follow up yg di pimpin oleh Wadek 3 UNRAM. Wadek 3 memberikan overview sejarah Fakultas Teknik UNRAM yang awalnya berdiri dari satu program studi, yakni Teknik Sipil. Selanjutnya Kajur Teknik Sipil menjelaskan lebih detil bagaimana kurikulum Teknik Sipil dan konsentrasi peminatannya serta laboratorium yang dimiliki. Teknik Sipil UNRAM memiliki dua penciri unggulan dalam kurikulumnya yakni mata kuliah kayu dan bamboo serta mata kuliah pengelolaan pulau-pulau dan pantai. Selain itu, saat ini Teknik sipil UNRAM juga dilibatkan dalam system drainase sirkuit Mandalika untuk pengendalian pada kondisi banjir.

Sehari sebelum kunjungan ke UNRAM (24 Februari 2022), rombongan FST UINSA juga berkunjung ke UIN Mataram. Rombongan Uinsa diterima dengan baik oleh ketua LP2M, Prof. Atun Wardatun, yang merupakan alumni fakultas Syariah UINSA (dulu IAIN Sunan Ampel Surabaya). Kunjungan ini dalam rangka benchmarking pengelolaan jurnal di masing-masing institusi.