Berita

Gunung Anyar, Surabaya – Kamis (13/10/2022), Fakultas Pskologi dan Kesehatan UIN Sunan Ampel Surabaya telah menyelenggarakan Kuliah Tamu bagi mahasiswa semester 5 Program Studi Psiklogi. Acara berlangsung di auditorium lantai 2 FPK UINSA. Kegiatan tersebut menghadirkan Prof. Dr. Tina Afiatin, M.Si dari Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada. 

“Parenting dan Family Generasi 5.0” diangkat menjadi tema Kuliah Tamu Fakultas Psikologi dan Kesehatan UINSA. Tujuan dari kegiatan ini yaitu untuk mengetahui The Road to Society 5.0 dan memahami peran keluarga dalam menyiapkan adaptasi untuk menyongsong masyarakat 5.0. 

Acara dimulai pukul 13.00 WIB yang diawali oleh pembukaan dari moderator yang bertugas yaitu Drs. Hamim Rasyidi, M. Si. Kemudian acara dilanjutkan dengan relaksasi tubuh dan senam otak yang dipimpin oleh Prof. Dr. Tina Afiatin, M.Si dari Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada. Para mahasiswa sangat antusias dan bersemangat dalam mengikuti relaksasi dan senam tersebut. Alhasil setelah selesai kegiatan ini, audiece lebih fokus, rileks, dan memiliki perasaan yang jauh lebih bahagia. 

Acara inti dimulai dengan pemaparan materi “Parenting dan Family Generasi 5.0” yang disampaikan oleh Prof. Dr. Tina Afiatin, M.Si dari Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada. “Dengan ilmu hidup akan menjadi mudah. Dengan seni hidup akan menjadi indah. Dengan agama hidup akan menjadi bermakna”, tutur Prof. Dr. Tina Afiatin, M.Si. 

Society 5.0 yaitu manusia yang berpusat pada manusia yang menyeimbangkan kemajuan ekonomi dengan penyelesaian masalah sosial melalui sistem yang sangat mengintegrasikan dunia maya dan ruang fisik (Goverment of Japan, 2021). 

Keluarga merupakan unit sosial yang unik dan dinamis. Peran keluarga dalam menyiapkan adaptasi menyongsong masyarakat 5.0 dapat diwujudkan melalui literasi digital, mediasi orang tua, dan konsep berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skills – HOTS). 

Di akhir acara Prof. Dr. Tina Afiatin, M.Si memberikan closing statement “Sebaiknya jangan hanya puas sebagai complainer. Tetapi jadilah sebagai problem solver”. 

Acara ditutup dengan tanya jawab dan penyerahan cidera mata oleh Estri Kusumawati, M. Kes selaku utusan Prodi Psikologi kepada Prof. Dr. Tina Afiatin, M.Si selaku narasumber kuliah tamu pada hari ini. Kuliah tamu berjalan dengan lancar dan baik. Seluruh audience menyimak dengan antusias terkait materi yang disuguhkan. Semoga seluruh ilmu yang telah diberikan kelak dapat menjadi bekal untuk masa depan dan bermanfaat luas kepada masyarakat. (ODR)