Berita

Psikologi dan Kesehatan

Thursday, 28 July 2022

FPK UINSA Fasilitasi FKPT Jawa Timur dalam Kegiatan Training of Trainer sebagai Aksi Pencegahan Terorisme di Sektor Pendidikan

Surabaya – Kamis (28/07), FKPT (Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme) menggelar Training of Trainer: Moderasi Beragama Sebagai Strategi Pencegahan Terorisme di auditorium Fakultas Psikologi dan Kesehatan UIN Sunan Ampel Surabaya. Kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan guru-guru PAUD hingga SMA sederajat se-Jawa Timur. Kegiatan ini memiliki tujuan untuk memberikan pemahaman yang benar dan menyampaikan narasi yang kontra dengan radikalisme agar para tenaga pendidik mampu menjadi pelopor moderasi beragama. Acara dimulai pada pukul 09.00 WIB. 

Rangkaian acara diawali oleh pembukaan do’a oleh Chairul Anam. Selanjutnya, sambutan oleh Ketua FKPT Jawa Timur. Dalam sambutannya, beliau mengemukakan mengenai dua fungsi dari FKPT, yaitu sebagai wadah partisipasi dalam pencegahan terorisme dan mitra stategis pencegahan terorisme daerah. FKPT Jawa Timur juga berusaha lebih aktif dan kreatif untuk mencegah radikalisme dengan kegiatan yang konkret dan melibatkan stakeholder.

Sambutan dilanjutkan oleh Wakil Dekan III Prof. Rubaidi, M. Ag. “Kami terbuka untuk kegiatan selanjutnya” ujar Rubaidi saat sambutannya. Rangkaian pembukaan acara dilanjutkan dengan sambutan oleh Wakil Kementrian Agama Jawa Timur Lutfi Imron. Lalu, sambutan yang terakhir oleh Ahmad Nur Wahid. Rangkaian pembukaan acara ditutup dengan sesi foto bersama oleh tamu undangan dan peserta training.

Acara dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh beberapa narasumber dengan dipandu moderator Arifin, M.Ag. 

1. Pemateri I, Saeful Rachman Ak, dengan materi “Kebijakan dan Strategi Pencegahan Terorisme di Lembaga Pendidikan”. 

2. Pemateri II, Prof. Akh. Muzakki, M.Ag., Grad.Dip., SEA., M.Phil., Ph,D yang merupakan Rektor UIN Sunan Ampel Surabaya Periode 2022-2026 membawakan materi mengenai “Pencegahan Terorisme Berbasis Pemahaman Agama, Sosial, dan Budaya”. 

3. Pemateri III, Dr. Mahnan Marbawai, M.A., dengan menyampaikan materi “Pelatihan Menjadi Guru Moderasi Beragama di Sekolah”. 

Penyampaian kesan dan pesan oleh peserta menjadi rangkaian terakhir dari acara Training of Trainer. Kegiatan resmi berakhir pada pukul 15.30 WIB.