Berita

Surabaya — (24/06/2024) Menindak lanjut pelaksanaan Self Assessment Maturity Rating Badan Layanan Umum (BLU) UIN Sunan Ampel Surabaya (UINSA) Tahun 2023, Fakultas Psikologi dan Kesehatan (FPK) penuhi undangan Satuan Pengawas Internal (SPI) UINSA dalam kegiatan Pendampingan Pengisian Maturity Rating BLU UINSA Tahun 2023.

Kegiatan dilaksanakan pada Senin, 24 Juni 2024 pukul 08.30 hingga 11.30 WIB di Ruang Sidang Rektor Lantai 2, Gedung Tengku Ismail Ya’kub. Kegiatan ini dihadiri oleh Prof. Dr. Hj. Wiwik Setiyani, M.Ag., selaku Wakil Rektor II Bidang Administrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan (AUPK) beserta jajarannya; SPI UINSA; Lembaga Penjamin Mutu (LPM) UINSA; dan perwakilan dari beberapa fakultas, FPK diwakili oleh Esti Novi Andyarini, M.Kes., selaku Sekretaris Jurusan Psikologi dan Kesehatan. Narasumber pada kegiatan ini yakni Irfan Budi Purnomo M.Si. dan Wahyu Setiawan, SH. dari Direktorat Pembinaan Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum (PPK-BLU) Kementrian Keuangan Republik Indonesia.

Dalam penyampaian penilaian kerja maturitas BLU, kerap disapa Pak Irfan, menyampaikan bahwa UINSA memperoleh rata – rata dengan nilai 3 dari seluruh Jawa Timur. Angka tersebut tergolong dalam kategori di bawah rata – rata, mengingat rata – rata BLU di pendidikan memang rendah dibandingkan BLU di kesehatan yang memiliki rata – rata di atas 3.

“UINSA jangan berkecil hati dengan nilai yang masih rendah. Mari ditingkatkan mulai dari sekarang dengan mendokumentasi setiap kegiatan yang telah dilakukan di setiap unit. Sebenarnya level 2 sangat mudah yaitu masih sebatas notulensi, pada level 3 sudah mulai dengan Standar Opersional Prosedur (SOP). UINSA pasti sangat mudah untuk memenuhi pada level 3 karena memeliki SDM yang heterogen dari multidisiplin ilmu,” tutur Pak Irfan terkait penilaian maturitas BLU UINSA tahun 2023.

“Saran untuk mempermudah dokumentasi dengan aplikasi internal Basic Input Output System (BIOS) akan lebih memudahkan setiap unit bisa segera setelah kegiatan selesai untuk mengunggah notulensi pada aplikasi tersebut,” imbuhnya mengenai saran untuk kinerja BLU UINSA kedepannya. Selain itu, Pak Wahyu sapaannya, menghimbau agar UINSA mengirimkan dokumen Maturity Rating pada BIOS hingga tenggat Minggu, 30 Juni 2024.

Dengan terselenggaranya kegiatan ini harapannya dapat meningkatkan nilai maturitas BLU di tahun mendatang melalui upaya dokumentasi yang lebih baik dan sistematis. Semangat kolaborasi dan dedikasi yang tinggi, FPK bertekad untuk berkontribusi maksimal dalam pencapaian target maturitas BLU UINSA yang lebih baik di masa mendatang.

Writer: Cahaya Kamila Ashari
Editor: M. Ata Zaidan Taufiqi