Agenda

Gunung Anyar, Surabaya (02/10/2023) — Tak mau buang-buang waktu, Fakultas Psikologi dan Kesehatan Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (FPK UINSA) menggelar kegiatan persiapan magang Mahasiswa Berprestasi Kemahasiswaan (MBKM) semester 6 Program Studi Psikologi. Kegiatan ini bertujuan untuk memaparkan proses dan alur MBKM di semester 6.

Acara yang digelar pada tanggal 2 Oktober 2023 ini berlangsung selama kurang lebih 3 jam di Auditorium lantai 2 Gedung FPK, dengan dihadiri oleh semua mahasiswa semester 5 Program Studi (Prodi) Psikologi.

Dr. Suryani, S.Ag, M.Ag, M.Si membuka acara dengan memaparkan alur kegiatan MBKM semester 6 beserta syarat-syarat yang harus terpenuhi saat menjalani magang. Wakil Dekan I FPK tersebut memberikan nasihat kepada mahasiswa, “Kalian harus memilih tempat magang sesuai dengan kompetensi yang kalian miliki, jangan sampai ikut-ikutan dengan teman.”

Selanjutnya, Kepala Prodi Psikologi, Dr. Lufiana Harnany Utami, S.Pd., M.Si, memberikan pemaparan mengenai kurikulum yang menjadi landasan dalam program MBKM ini. Dia menjelaskan pentingnya pemilihan tempat magang yang sesuai dengan bidang kompetensi mahasiswa.

M. Fahmi Aufar Asyraf, B.Ed., M.A. menjelaskan berbagai mitra yang telah menjalin kerjasama dengan FPK sebagai partner untuk melaksanakan magang. Humas FPK itu menyampaikan, “Hingga kini kami sudah menjalin kerja sama dengan berbagai instansi dan mitra, di antaranya 21 madrasah, Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Menur dan Lawang, Rumah Sakit PHC, UPT SE Jawa Timur, dan beberapa perusahaan.”

Kegiatan persiapan magang ini memberikan wawasan yang berharga kepada mahasiswa dalam memahami proses MBKM serta pentingnya pemilihan tempat magang yang sesuai dengan minat dan kompetensi mereka. Diharapkan, mahasiswa dapat mengambil manfaat maksimal dari pengalaman magang MBKM mereka di masa yang akan datang.

Writer: Muhamad Sangaji Hidayatulloh
Editor: Ayda Zaqiyatunnisa