Berita

Padang – (29/02/2024) Bertempat di Hotel ZHM Padang, Forum Dekan Psikologi Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) diselenggarakan pada Kamis, 29 Februari hingga 2 Maret 2024. Sebagaimana tajuk acara ini, Dekan Fakultas Psikologi dan Kesehatan UIN Sunan Ampel Surabaya (FPK UINSA) Dr. phil. Khoirun Niam, bersama Wakil Dekan 1 Dr. Suryani, S.Ag., S.Psi., M.Si. serta Ketua Program Studi (Kaprodi) Psikologi Dr. Lufiana Harnany Utami, S.Pd., M.Si. turut hadir sebagai perwakilan.

Acara dimulai dengan seminar nasional yang membahas peluang pembukaan Program Profesi Psikologi yang berkaitan dengan UU No. 23 tentang pendidikan profesi. Selain itu, dibahas pula mengenai Status Prodi Psikologi Islam. Hal ini penting dilakukan guna menegaskan posisi Psikologi Islam sebagai prodi yang sah dari cabang studi psikologi.

Dr. phil. Khoirun Niam bersama dengan Dekan UIN Jakarta, UIN Bandung dan UIN Palembang, menjadi narasumber pada sesi berikutnya. Pembahasan mengenai perlunya penguatan jurnal psikologi kembali ditekankan guna tercapainya jurnal psikologi tembusan PTKIN yang terakreditasi internasional scopus.

Pertemuan kedua Forum Dekan Psikologi selanjutnya menggelar sidang komisi dengan tiga komisi tata kelola, yakni: Komisi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), komisi pengelola jurnal, dan komisi Dekan. Dr. Suryani, S.Ag., S.Psi., M.Si. dan Dr. Lufiana Harnany Utami, S.Pd., M.Si. yang tergabung dalam komisi MBKM menghasilkan rekomendasi untuk berbagi informasi tentang MBKM beserta penerapannya, seperti pertukaran pelajar. Di samping itu, komisi pengelolaan jurnal menghasilkan rekomendasi untuk diadakan kolaborasi yang lebih intensif.

Berikutnya, sidang pleno dari komisi Dekan menghasilkan beberapa rekomendasi yang salah satunya terkait dengan upaya menghidupkan kembali Konsornium Keilmuan Psikologi (K2P) PTKIN yang terbentuk dari tahun 2015 hingga 2019.
K2P PTKIN ini nantinya diharapkan dapat menampung dan memfasilitasi berbagai persoalan keilmuan Prodi Psikologi Islam.

Kontribusi aktif dari perwakilan FPK UINSA dalam Forum ini harapannya dapat berdampak positif terhadap semangat kolaborasi dari PTKIN seluruh Indonesia. Independensi Prodi Psikologi Islam maupun pendirian Program Profesi Psikologi yang telah dicanangkan, diharap mampu mendongkrak kemajuan dunia akademis khususnya dalam ilmu psikologi.

Writer: Septi Nur Azizah
Editor: M. Ata Zaidan