Berita

UINSA Surabaya_ Jum`at, 10 November 2023 FISIP UIN Sunan Ampel Surabaya melakukan persiapan penyelenggaraan international conference SAICOPSS 2023 yang rencananya akan dilaksanakan pada hari Selasa-Rabu 14-15 November 2023.

Rapat persiapan ini mengundang seluruh panitia yang terdiri dari dosen dan mahasiswa. Tujuannya ialah untuk memiliki persepsi yang sama tentang teknis dan konsep pelaksanaan SAICOPSS 2023.

Acara dibuka dengan pengantar dari Wakil Dekan II Dr. Aniek Nurhayati, M.Si. Beliau menyampaikan bahwa SAICOPSS 2023 merupakan internasional conference kali ketiga yang diselenggarakan oleh FISIP UINSA.

Tahun ini SAICOPSS memilih tema “Social and Political Transformation in the Digital Era: Prospects for Humanity”. Tema ini sebagai upaya merespon perkembangan isu-isu global yang tengah terjadi. Dalam arahannya, Aniek Nurhayati menjelaskan bahwa pelaksanaan SAICOPSS 2023 dilaksanakan secara hybrid. Beliau mengharapkan bahwa SAICOPSS 2023 menjadi best practice untuk pelaksanaan SAICOPSS luring dan memiliki indeks yang lebih baik pada tahun depan. Selanjutnya adalah penjelasan dari Nur Lutfi Hidayatullah, S.IP., M.Hub.Int selaku Ketua SAICOPSS 2023 yang menjelaskan terkait teknis acara mulai dari kegiatan di plenary dan parallel session. Plenary session merupakan sesi besar bersama para pembicara dari luar negeri yakni Dr. Jan Jaap de Ruiter from Tilburg University, The Netherland; Linan Jia, Ph.D from Beijing Foreign Studies University; Azmil Mohd Tayeb, Ph.D from Universiti Sains Malaysia dan Prof. Dr. Abd. Chalik, M.Ag Dekan FISIP UINSA.

Sedangkan parallel session merupakan ruangan kecil yang dibagi per tema untuk para peserta konferensi melakukan presentasi. Dalam hal ini, Pak Luthfi menjelaskan tugas moderator kepada mahasiswa yang akan bertugas di ruang kecil (parallel session) serta reviewer, yang terdiri dari para dosen, di ruangan kecil dan melatih para mahasiswa yang nanti akan terlibat dalam pelaksanaan SAICOPSS 2023 nanti. Rapat koordinasi ini juga bertujuan untuk mensukseskan kegiatan international conference SAICOPSS yang setiap tahunnya dilaksanakan oleh FISIP UIN Sunan Ampel Surabaya. (Ajeng)