Berita

FDK UINSA Selenggarakan Evaluasi Ketercapaian Kinerja 2022

FDK UINSA Newsroom, Rabu (29/03/2023); Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (FDK UINSA) menyelenggarakan acara Evaluasi Ketercapaian Kinerja Tahun 2022 pada 28-29 Maret 2023. Diikuti oleh para dosen tetap dan tenaga kependidikan FDK UINSA, acara ini dimaksudkan untuk mengevaluasi kinerja manajemen FDK UINSA selama tahun 2022. Hasil evaluasi tersebut akan dijadikan acuan dalam pelaksanakan kinerja selama tahun 2023.

Hadir sebagai pembahas kinerja FDK UINSA, Muhammad Zuhdi, M.Ed., Ph.D. (Ketua Lembaga Penjaminan Mutu UIN Syarif Hidayatullah Jakarta), Dr. Husnul Qodim, M.A (Ketua LP2M UIN Sunan Gunung Djati Bandung), dan Dr. Ali Mustofa, S.Ag., M.Pd (Ketua Lembaga Penjaminan Mutu UIN Sunan Ampel Surabaya). Ketiga narasumber secara bergantian memberikan masukan atas indikator kinerja yang telah dilaksanakan FDK UINSA sepanjang tahun 2022 lalu.

Pada hari Selasa (28/03), Muhammad Zuhdi, M.Ed., Ph.D. memberikan review tentang kinerja-kinerja yang dilah dilalui oleh FDK UINSA. Ketua LPM UIN Syarif Hidayatullah Jakarta ini secara detail memberikan tanggapan satu per satu atas pelaksanaan indikator kinerja utama Dekan FDK UINSA.

“Target yang ada sudah banyak yang terlampaui, oleh karena itu seharusnya targetnya harus dinaikkan pada tahun ini,” ungkap dosen Prodi Pendidikan Agama Islam ini.

Selanjutnya Dr. Husnul Qodim, M.A juga melanjutkan pembahasan atas capaian-capaian dari kinerja FDK UINSA pada tahun 2022. Ketua LP2M UIN Sunan Gunung Djati ini fokus memberikan banyak saran agar terlampauinya target bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Dekan FDK UINSA, Dr. Moch. Choirul Arif, S.Ag., M.Fil.I., pada kesempatan tersebut mengucapkan teruma kasih atas berbagai tanggapan ketercapaian kinerja FDK UINSA dari para narasumber. Dekan FDK UINSA menegaskan bahwa meskipun secara kertas sudah banyak terlampaui, tetapi dalam pelaksanaannya capaian FDK UINSA masih perlu ditingkatkan lagi dari segi kualitas.

“Meskipun secara dokumen sudah terlampaui, tetapi kinerja FDK UINSA jangan hanya diukur dari segi kuantitas. Perlu ada peningkatan kualitas dari setiap capaian yang dibuat oleh FDK UINSA,” ungkap dosen Ilmu Komunikasi ini.

Pada hari kedua, Rabu (29/03), Ketua LPM UINSA, Dr. Ali Mustofa, M.Pd. mereview seluruh capaian FDK UINSA yang telah dipaparkan dalam Rapat Tinjauan Manajemen UINSA 2022 dan Rapat Kerja Pimpinan UINSA 2023. Dosen Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UINSA ini menyampaikan langkah-langkah agar target kinerja yang belum terlampaui dan menjadi tagihan FDK UINSA dapat terlampaui sehingga statusnya dapat berubah dari open menjadi close. Dr. Ali Mustofa, M.Pd. juga menyampaikan strategi yang harus dilakukan FDK UINSa untuk menyiapkan Asesmen lapangan Akreditasi dari tiga program studi yang ada di FDK UINSA. (Rmd)