Berita

@Pendidikan Profesi Guru

Saturday, 19 March 2022

FASILITASI KEGIATAN PPG TAHUN 2022, LPTK UIN SUNAN AMPEL SURABAYA ADAKAN KEGIATAN PERDANA DALAM BENTUK SOSIALISASI REKOGNISI PEMBELAJARAN LAMPAU

Dalam rangka pelaksanaan kegiatan PPG Tahun 2022 LPTK UIN Sunan Ampel mengadakan kegiatan PPG perdana dalam bentuk Sosialisasi pemebalajaran Lampau pada hari Sabtu, 19 Maret 2022 dalam bentuk pertemuan daring melalui zoom meeting. Kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Dekan I Bidang Akademik sekaligus Ketua Pengelola PPG PAI LPTK UIN Sunan Ampel Surabaya Bapak Prof Dr H. Ah. Zakki Fuad, S.Ag, M.Ag, Ketua Prodi PPG LPTK UIN Sunan Ampel Surabaya yaitu Bapak Dr. H. Muh. Khoirul Rifai, M.Ag, dan seluruh pengelola PPG LPTK UIN Sunan Ampel Surabaya. Narasumber dalam kegiatan ini yaitu Bapak Dr H . Muh Khoirul Rifai, M.Ag, dan Bapak Muhammad Syahru Ahmad, S.Pd.

Materi pertama yang dibahas berkaitan tentang Mekanisme Rekognisi Pembelajaran Lampau yang disampaikan oleh Bapak Dr H . Muh Khoirul Rifai, M.Ag,. Mahasiswa PPG dalam jabatan mengupload dokumen berkaitan tentang beberapa aktivitas yaitu pelaksanaan tugas mengajar yang dibuktikan pada aktifitas ini adalah SK/ST mengajar. Aktifitas yang kedua adalah penyusunan perangkat pembelajaran yang dibuktikan dengan dokumen berupa RPP, Materi Ajar, LKPD, Alat Peraga/Media Pembelajaran dan Instrumen Penilaian. Aktifitas yang ketiga adalah Peningkatan Kompetensi Bidang Studi yang dibuktikan dengan dokumen dalam bentuk Sertifikat/Piagam/Surat Keterangan mengikuti Kegiatan Ilmiah/KKG/MGMP/Forum sejenis/forum ilmiah lainnya. Aktifitas yang ke empat adalah berkaitan dengan melaksanakan kegiatan administrasi kelas di madrasah/sekolah yang dibuktikan dengan adanya dokumen surat keterangan dari Kepala Madrasah/Sekolah tentang administrasi pembelajaran, administrasi nilai, administrasi peserta didik, dan administrasi kegiatan ekstrakurikuler.

Kegiatan aktivitas ke lima adalah peningkatan keterampilan guru dalam karya inovasi pembelajaran dimana dokumen yang dibutuhkan adalah surat keterangan dari Kepala Madrasah/ Sekolah tentang membuat salah satu karya inovasi dalam bentuk modul, pedoman praktikum, PTK, ataupun video pembelajaran.

Materi selanjutnya disampaikan oleh Bapak Muhammad Syahru Ahmad, S.Pd. berkaitan tentang mekanisme unggah/upload dokumen RPL melalui aplikasi space yang bisa diakses dengan mengklik laman website https://ppg.siagapendis.com. Beliau menyampaikan juga tentang karakteristik dokumen RPL yang bisa diunggah pada laman tersebut. Apabila ada yang mengajar lebih dari satu kelas maka bisa memilih salah satu RPP saja untuk diupload, dipilih yang mana yang bisa menggambarkan atau yang lebih lengkap sebagai perangkat pembelajaran. Kegiatan yang berlangsung selama kurang lebih tiga jam ini diikuti oleh cukup antusias oleh seluruh peserta PPG yang terdiri dari guru madrasah/sekolah. Guru-guru yang mengikuti kegiatan ini menyampaikan pertanyaan dalam bentuk berbagai hal berkaitan dengan mekanisme Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL).