Berita

Laboratorium

Saturday, 20 August 2022

Dukung Urban Farming, FST UINSA Kembangkan Greenhouse berbasis IoT  sekaligus Uji Fungsi melalui Pelatihan Smart Greenhouse

20/8/2022. Jumat, 19 Agustus 2022 bertempat di rooftop gedung Laboratorium Saintek UIN Sunan Ampel (UINSA) diadakan Pelatihan Smart Greenhouse. Pelatihan ini hasil kerjasama antara Laboratorium Fakultas Sains dan Teknologi (FST) dengan PT. Daya Santosa Rekayasa (PT. DSR), sebuah perusahaan yang menyediakan peralatan, jasa, dan konsultasi di bidang sistem irigasi dan mendukung smart farming 4.0. Kegiatan ini diikuti oleh dosen, pranata laboratorium pendidikan, dan mahasiswa FST UINSA yang diharapkan dapat memberikan dampak positif baik secara internal maupun eksternal. Dekan FST UINSA, Dr. Asep Saepul Hamdani, M.Pd., berpendapat bahwa sarana laboratorium serba lengkap dan canggih yang dimiliki FST UINSA ini diharapkan dapat dimaksimalkan untuk meningkatkan mutu proses dan luaran pembelajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat. Beliau menambahkan bahwa “Laboratorium juga diharapkan dapat digunakan untuk menjadi pusat layanan internal dan eksternal yang berpotensi meningkatkan pendapatan BLU UINSA, termasuk Smart Greenhouse”.

Dekan FST UINSA dalam sambutan pelatihan Smart Greenhouse

Smart Greenhouse, greenhouse dengan sistem cerdas yang mengandalkan Internet of Things (IoT) ini dimiliki oleh FST UINSA. Pengoperasian Smart Greenhouse dapat mengandalkan bundling system manual ataupun otomatis. Pengaturan kondisi suhu, kelembaban, intensitas cahaya, kadar CO2 dalam greenhouse hingga pengaturan sistem irigasi hidroponik seperti pencampuran, volume, intensitas nutrisi yang diberikan, dapat diatur secara otomatis di dalam ruang kontrol. Dengan sistem cerdas ini juga pengoperasian dapat dilakukan dimana pun dan kapan pun melalui smartphone atau laptop user melalui website http://www.sysinta.com/DSR-UINSA/

Penjelasan sistem kontrol smart greenhouse kepada peserta pelatihan

Wakil Dekan II FST UINSA, Dr. Abid Rohman, S.Ag., M.Pd., menambahkan bahwa penyelenggaraan kegiatan Training Smart Greenhouse adalah bagian dari upaya mengintegrasikan pembelajaran, penelitian, dan pengabdian berbasis riset. “Kami harapkan Smart Greenhouse yang dimiliki FST UINSA ini dapat menjadi pilot project, percontohan, dan pusat edukasi bagi masyarakat urban di Jawa Timur dan Indonesia dalam pengembangan program ini. Hal ini demi mewujudkan tatanan kehidupan, tatanan rumah yang ramah lingkungan, dan back to nature.”

Antusiasme peserta pelatihan smart greenhouse

Salah satu peserta pelatihan, Hanik Faizah M.Si., memberikan kesan bahwa dengan adanya Rooftop Smart Greenhouse yang dimiliki FST UINSA, seakan menciptakan kebun di atas langit. Smart Greenhouse juga akan sangat membantu dalam kegiatan praktikum dan pengembangan penelitian dosen dan mahasiswa khususnya bidang botani. Selain itu, adanya greenhouse ini akan mendukung urban farming di Kota Surabaya. Tidak perlu khawatir panas walaupun berada di rooftop gedung lantai 5, Smart Greenhouse ini dilengkapi dengan sistem Cooling Pad yang membentang sepanjang sisi greenhouse.

Smart Farming menjadi solusi untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas pertanian di berbagai negara termasuk Indonesia. Salah satu penerapan smart farming adalah Smart Greenhouse ini. Secara teknis Smart Greenhouse dikendalikan secara otomatis untuk mengendalikan kelembaban, suhu, nutrisi serta cuaca. Dengan Smart Greenhouse produktivitas pertanian diharapkan meningkat. Smart Greenhouse adalah cermin dari implementasi pertanian modern dengan mengedepankan basis teknologi Artificial Intelligent. (Red/YR)