Berita

UINSA Newsroom, Kamis (26/09/2024); Lembaga Halal UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya menyelenggarakan seminar bertajuk Percepatan Sertifikasi Halal 2026 pada Kamis, 26 September 2024. Kegiatan ini sekaligus menandai ujung dari Halal Festival UINSA yang berlangsung selama dua hari sejak Rabu, 25 September 2024.

Seminar yang berlangsung di Gedung Amphiteater Kampus A. Yani UINSA ini dihadiri Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Prof. Dr. Abdul Muhid, M.Si.; Kepala Biro Administrasi Akademik, Kemahasiswaan dan Kerjasama, Drs. H. Edhi Gunawan, M.Pd.I.; Koordinator Pusat Penelitian dan Penerbitan, A. Kemal Riza, S.Ag., M.A.; juga Ketua UMKM BSI Center.

Kepala Bidang Sertifikasi Halal Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal, Dr. H. A. Sukandar, M.Ag. dan perwakilan Disperindag Jawa Timur hadir sebagai narasumber dalam acara yang diikuti para mahasiswa UINSA Surabaya tersebut.

Saiful Bahri, M.Si., selaku ketua panitia, dalam sambutannya menjelaskan, bahwa Festival Halal ini adalah bentuk dukungan Lembaga Halal pada rencana pemerintah untuk wajib halal 2026. Ia juga menyampaikan terima kasihnya kepada Tim Manajemen UINSA serta lembaga-lembaga mitra atas terwujudnya kegiatan ini.

Sementara itu, Prof. Dr. Abdul Muhid, M.Si., Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama yang hadir mewakili Rektor, menyambut hangat para tamu internal maupun eskternal yang telah hadir mengikuti seminar ini. Ia juga menyampaikan pentingnya peran UINSA dalam mendukung percepatan program halal pemerintah.

“Isu halal ini tidak hanya bersifat regional, ini adalah isu global dan selalu dekat dengan kehidupan kita. Negara lain, saking inginnya didatangi turis muslim, menjamin makanan yang akan dikonsumsi itu aman dengan sertifikat halal. Nah, jangan sampai kita sebagai negara mayoritas muslim malah belum bisa menjamin produk makanan yang beredar di pasarannya halal,” ujar Prof. Muhid.

Mendukung ungkapan tersebut, Kemal Riza yang dalam kesempatan ini juga me-launching Journal of Halal Sciences, menyatakan harapannya agar jurnal ini menjadi wadah bagi seluruh civitas akademik UINSA untuk menyalurkan tulisan-tulisan tentang isu halal.

“Kami akan sangat berbahagia jika nanti semua dapat berkontribusi dalam bentuk tulisan-tulisan hasil penelitian, kajian, kebijakan, maupun opini terkait dengan halal. Scope Jurnal ini luas, mencakup macam-macam keilmuan yang ada di UINSA, kajian halal dari sisi hukum, kebijakan, hasil penelitian, substansi, hingga uji laboratorium kita bisa tampung disini,” ungkapnya.

Mengakhiri sambutannya, Prof. Muhid juga menyampaikan rasa terima kasih pada semua pihak yang turut berperan dalam melakukan percepatan sertifikasi halal ini. Ia pun mengharapkan munculnya sinergi dan kolaborasi apik lainnya di waktu-waktu mendatang.

Seminar ini berjalan interaktif dan diikuti seluruh mahasiswa yang hadir dengan penuh antusiasme. Melalui kegiatan ini diharapkan para audien dan masyarakat secara umum teredukasi dan turut berpartisipasi dalam program percepatan halal 2026. (Kml/Humas)

Reportase: A. Kamal
Redaktur: Nur Hayati
Foto: MN. Cahaya
Highlight: Rian