Berita

FDK UINSA Newsroom, Senin (30/01/2023); Dosen Program Studi Bimbingan dan Konseling Islam (BKI) Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) UIN Sunan Ampel, Dr. Arif Ainur Rofiq,S.Sos.I.,MPd., Kons., CHt., belum lama ini mengantongi Suraat Terdaftar Penyehat Tradisional (STPT) dari Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoarjo atas Griya Hipnoterapi Al-Huda Nurus Syifa (ANS) yang didirikannya. STPT ini turun setelah supervisi dari Dinas Kesehatan Sidoarjo pada griya hipnoterapi yang beralamat di Perumahan Najwa Regency No. 14 Lumbang Sawocangkring, Wonoayu, Sidoarjo ini.

Dr. Arif Ainur Rofiq,S.Sos.I.,MPd., Kons., CHt., merupakan dosen tetap pada program studi Bimbingan dan Konseling Islam. Selain berprofesi sebgai konselor, Dr. Arif Ainur Rofiq,S.Sos.I.,MPd., Kons., CHt., juga merupakan praktisi hipnoterapi yang telah tersertifikasi. STPT yang didapatkan Dr. Arif Ainur Rofiq, S.Sos.I., M.Pd., Kons., CHt. Ini menunjukkaan bahwa tempat praaktik hipnoterapinya telah memenuhi standardisasi yang ditetapkan Dinas Kesehatan Sidoarjo, mulai dari metode hipnosis tanpa alat, fasilitas yang dimiliki seperti ruang tunggu, tempat administrasi, ruang terapi, kamar mandi, tempat ibadah, kesiapan blanko rekam masalah suyet (klien), hingga laporan rekapitulasi klien ke Puskesmas secara berkala.

Dr. Arif Ainur Rofiq,S.Sos.I.,MPd., Kons., CHt., menyampaikan bahwa sebagai akademisi sekaligus praktisi, mengurus izin praktik menjadi penting karena STPT sesuai Permenkes No. 61 tahun 2016  tentang Pelayanan Kesehatan Tradisional Empiris.

“STPT menjadi pertanggungjawaban keamanan dan manfaatnya secara empiris, digunakan secara rasional, dan tidak bertentangan dengan norma agama dan norma yang berlaku di masyarakat. Hipnoterapi yang dilakukan juga tidak bertentangan dengan program pemerintah dalam upaya peningkatan derajat kesehatan masyarakat. Adapun konsep pelayanannya berkenaan adanya gangguan kesehatan individu disebabkan oleh ketidakseimbangan unsur fisik, mental, spritual, sosial dan budaya,” ungkap dosen yang tergabung dalam Perkumpulan Komunitas Hipnotis Indonesia (PKHI) DPW Jawa Timur ini.

Motivasi didirikannya Griya Hipnoterapi ANS, menurut Dr. Arif Ainur Rofiq,S.Sos.I.,MPd., Kons., CHt., adalah untuk memberikan layanan privasi pada suyet (klien) yang pada kasus-kasus tertentu seperti kasus keluarga, perceraian,  mereka menginginkan tempat yang privat, tenang dan jauh dari keramian.

“Khususnya bagi suyet (klien) yang tinggal di Sidoarjo dan umumnya di daerah sekitar nya. Nah, tepat sekali tempat Griya hipnoterapi ANS ini ada di area persawahan, jauh dari jalan raya,” pungkasnya. (Izam Lisa)