Berita

REVIEW PENYUSUNAN INSTRUMEN PENILAIAN MEWUJUDKAN DOSEN PROFESIONAL

LPM Newsroom,Senin (30/1/2023); LPM UIN Sunan Ampel Surabaya menyelenggarakan On The Job Training (OJT) pada Program Peningkatan Kompetensi Dosen Pemula (PKDP) yang di tunjuk oleh Kemenag dengan materi Penyusunan Instrumen Penilaian: Review Penyusunan Instrumen Penilaian (Online). Kegiatan ini merupakan lanjutan dari kegiatan pendampingan pembelajaran sebelumnya Briefing Penyusunan Instrumen Penilaian (Online).

  Di pertemuan ke sepuluh peserta PKDP mempresentasikan hasil penugasan Penyusunan Instrumen Penilaian dan mentor mengkritisinya untuk memastikan instrument penilaian yang dibuatnya telah memenuhi dua hal yaitu 1) Kesesuaian dengan RPS yaitu  Kesesuaian antara Teknik & Bentuk Penilaian dengan capaian pembelajaran; 2) Persiapan & Rancangan Bentuk Penilaian yang meliputi: a) Ketersediaan Kisi-kisi Penilaian Pengetahuan (UTS & UAS), b) Ketersediaan Kisi-kisi Penilaian Keterampilan c) Ketersediaan Kartu Soal UTS; d) Ketersediaan Kartu Soal UAS; e) Ketersediaan Rubrik Penilaian Sikap; f) Ketersediaan Kunci jawaban & Pedoman Penskoran Penilaian Pengetahuan UTS; g) Ketersediaan Kunci jawaban & Pedoman Penskoran Penilaian Pengetahuan UAS; h) Ketersediaan Rubrik Penilaian Keterampilan dan i) Ketersediaan Kumpulan/Daftar Nilai.

Kegiatan ini dilakukan secara daring melalui media zoom yang di bagi ke dalam enam breakout room ini, masing-masing breakout di dampingi oleh dua mentor dengan peserta sebanyak 20 dosen. breakout room pertama didampingi  Muhammad Nuril Huda, M.Pd dan Ahmad Yusuf, M.Kom; kedua didampingi Agus Prasetyo Kurniawan, M.Pd dan Ahmad Lubab, M.Si; ketiga didampingi Siti Asmiyah, S.Pd, M. TESOL Dr dan Holilah, S.Ag, M.Si; , keempat didampingi H. Mokhamad Syaifudin, M.Ed, Ph.D dan Ahmad Fauzi, M.Pd; kelima didampingi Prof. Dr. H. Ali Mudlofir, M.Ag dan Dr. Ali Mustofa, M. Pd dan keenam didampingi Prof. Dr. Hj. Evi Fatimatur Rusydiyah, M.Ag. dan Dr. H. Mohammad Hadi Sucipto, Lc., MHI.

Kegiatan dilakukan mulai jam 09.00-10.30 WIB. Kegiatan diikuti oleh seluruh mentor dan fasilitator PTP PKDP UINSA berjumlah 12 orang dan seluruh peserta PKDP Angkatan 1, 2 dan 3 dengan total jumlah 120, total 142 orang. Seluruh peserta aktif mengikuti OJT online karena peserta diminta Mengumpulkan instrument Penilaian yang sudah dibuatnya di Hari selasa 31 Januari 2023. [lila]