Berita

Diskusi Senin Pagi: Rapat Rutin dan Berbagi Informasi terkait Kegiatan Rapat Teknis Penerbitan Bibliografi Daerah

Delegasi perpustakaan UINSA dalam kegiatan Rapat Teknis Penerbitan Bibliografi Daerah yang diselenggarakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur di Hotel Royal Tulip Surabaya (14-15 September 2022), Drs. Habib, MM. membagikan pengalaman dan informasi selama mengikuti kegiatan tersebut melalui kegiatan diskusi senin pagi (17/10) yang diadakan di ruang pelatihan 1 Perpustakaan UINSA.

Kegiatan yang dilakukan selama 2 hari itu merupakan upaya untuk mengetahui jumlah pustaka yang sudah pernah diterbitkan di wilayah Jawa Timur, sehingga dapat meningkatkan kualitas pelayanan penelusuran informasi yang cepat dan tepat guna memenuhi kebutuhan informasi terhadap para pengguna yang terus meningkat dan beragam.

Dalam pemaparannya, Habib mengatakan bahwa Perpusda Jatim berharap seluruh perpustakaan yang ada di Jawa Timur termasuk perpustakaan perguruan tinggi hendaknya berbagi daftar bibliografinya ke Perpusda Jatim.

Hal ini dilakukan berdasarkan anjuran dari Perpusnas Republik Indonesia yang mengacu pada Undang-Undang No 13 Tahun 2018 tentang Serah Simpan Karya Cetak dan Karya Rekam, dimana di dalam pasal 23 menyebutkan bahwa (1) Perpustakaan Nasional dan perpustakaan provinsi melakukan pengolahan terhadap Koleksi serah Simpan, (2)  Hasil dari pengolahan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) digunakan sebagai salah satu dasar penyusunan bibliografi nasional Indonesia dan bibliografi daerah. Adapun dasar hukum lainnya yang melatarbelakangi adalah Undang-Undang No 23 Tahun 2014 tentang pemerintahan daerah.

Kegiatan rapat teknis ini juga membahas tentang penyusunan Katalog Induk Daerah (KID), Katalog Induk Nasional (KIN) dan Katalog Induk Perpustakaan Indonesia (KIPI). Mulai dari pembentukan katalog master, pembentukan naskah KID, Pembentukan naskah BID hingga sistem pelaporan.

Selepas sharing informasi terkait Rapat Teknis Penerbitan Bibliografi Daerah, diskusi senin pagi yang dipimpin oleh sekretaris perpustakaan, Hary Supriyatno, S.Ag., M.Pd. juga merencanakan beberapa kegiatan yang akan diimplementasikan seminggu kedepan, diantaranya yaitu persiapan layanan SUPPREMA, rencana integrasi kubuku dengan SSO SINAU dan persiapan penyelenggaraan Virtual Library Class (VLC). (Dep)