Berita

Surabaya, 25 Juli 2024 – Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) Surabaya kembali membuktikan komitmennya dalam mendorong prestasi mahasiswa. Dalam rangkaian Yudisium ke-32 yang digelar pada Kamis (25/7/2024), Dekan FISIP, Prof. Dr. H. Abd. Chalik, M.Ag., memberikan penghargaan khusus kepada 12 mahasiswa yang telah mengukir prestasi gemilang di tingkat nasional dan internasional semasa menjalankan studinya di FISIP UINSA.

“Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi kami terhadap mahasiswa yang telah mengharumkan nama FISIP UINSA di berbagai bidang. Prestasi mereka membuktikan bahwa mahasiswa kami mampu bersaing secara akademis maupun non-akademis, baik di kancah nasional maupun internasional,” ujar Prof. Chalik dalam sambutannya.

Program Studi Ilmu Politik menyumbangkan satu prestasi membanggakan melalui Rizki Alpama yang berhasil meraih juara III dalam lomba video pendek yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama RI. Prestasi ini menunjukkan kreativitas dan kemampuan mahasiswa Ilmu Politik dalam mengkomunikasikan pesan melalui media visual.

Sementara itu, Program Studi Hubungan Internasional (HI) mencatatkan prestasi paling banyak dengan delapan mahasiswanya yang mendapatkan penghargaan dalam Yudisium ke-32 ini. Muhammad Nashrulloh, yang juga meraih predikat wisudawan terbaik se-fakultas, terpilih sebagai awardee MOSMA (MORA Overseas Student Mobility Awards) ke York College of Pennsylvania semasa menjalankan studinya di FISIP UINSA. Prestasi serupa juga diraih oleh Chinthia Putri Eriany yang menjadi awardee MOSMA ke Temple University di Pennsylvania dan Muhammad Rizki Dwi Nurdiansyah yang berkesempatan mencicipi bangku kuliah di Buffalo State University, New York.

Salsabilla Maharani dan Kafianka Aulady, dua mahasiswa HI sebagai awardee UINSA Student Outbound Mobility ke International Islamic University Malaysia (IIUM) juga mendapatkan penghargaan khusus dari Dekan FISIP UINSA. “Ini membuktikan bahwa mahasiswa HI UINSA memiliki wawasan global yang mumpuni,” tegas Prof. Chalik saat memberikan penghargaan.

Prestasi lainnya dari Program Studi HI ditunjukkan oleh Dhea Arista Safitri yang berhasil masuk 40 besar dalam lomba esai nasional LEION, serta Galib Arofahzam Bahari yang meraih juara 3 dalam kompetisi esai nasional. Sementara itu, Muhammad Syahril Jumhur menunjukkan kepemimpinannya dengan menjabat sebagai Ketua Senat Mahasiswa (SEMA) FISIP UINSA.

Program Studi Sosiologi juga turut menyumbangkan tiga prestasi membanggakan. Intan Purnama Putri mengharumkan nama fakultas di bidang olahraga dengan meraih juara 1 tenis meja ganda putri dalam PORSI (Pekan Olahraga, Seni dan Ilmiah) tahun 2023. Sementara itu, Ahmad Dendy Hanafianto menunjukkan kemampuannya dalam program internasional dengan menjadi delegasi KKN internasional di Malaysia pada tahun 2023. Di bidang organisasi, prestasi membanggakan ditunjukkan oleh Novi Eka Safitri yang menjabat sebagai Wakil Ketua HIMA Sosiologi tahun 2022 dan kemudian dipercaya sebagai Ketua Komisi A Advokasi dan Pengawasan Senat Mahasiswa FISIP 2023.

Penghargaan yang diberikan kepada 12 mahasiswa berprestasi ini diharapkan dapat menjadi motivasi bagi mahasiswa lainnya untuk terus mengembangkan diri dan meraih prestasi di berbagai bidang. “Kami berharap prestasi ini bukan hanya menjadi pencapaian pribadi yang selesai di sini, tetapi juga dapat terus dikembangkan dan memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat ke depannya,” tutup Prof. Chalik.

Dengan pemberian penghargaan oleh Dekan dalam Yudisium ke-32 ini, FISIP UINSA sekali lagi membuktikan komitmennya dalam mencetak lulusan yang tidak hanya unggul secara akademis, tetapi juga memiliki pengalaman internasional, jiwa kepemimpinan, dan prestasi di berbagai bidang. Hal ini sejalan dengan visi UINSA untuk menjadi universitas Islam yang unggul dan kompetitif bertaraf internasional. (WD)