Berita

Program Studi  (Prodi) Sejarah Peradaban Islam  (SPI) UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya, telah mengadakan seminar yang dikhususkan bagi mahasiswa semester 7 dan semester atas. Dalam acara ini SPI UINSA mengundang pembicara utama yang merupakan dosen Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, yakni Dr. Tanzil Multazam, M.Kn. Seminar ini diadakan pada Selasa siang (4/10), yang mana dalam penyelenggaraanya diadakan di gedung Auditorium lantai 5 Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP).

Tema yang dipilih dalam acara ini adalah Bimbingan Teknis: Sukses Menulis, Sukses Publikasi. Sesuai dengan tema  dalam acara seminar, Dosen sekaligus Relawan Jurnal Indonesia ini menyampaikan materi seputar karya ilmiah. Seperti tahap cara pembuatannya, pencarian sumbernya, sampai aturan penulisan karya ilmiah.

Dalam materi yang dijelaskannya, Dr. Tanzil Multazam, M.Kn. menjelaskan jika setidaknya ada beberapa poin yang mesti dipahami oleh para mahasiswa yang akan membuat karya ilmiah. Satu diantaranya, yakni penulisan karya ilmiah berupa skripsi harus ditulis sesuai dengan panduan prodi.

Di sela-sela penyampaian materi,  Dr. Tanzil Multazam, M.Kn. berpesan supaya para mahasiswa SPI UINSA bisa membuat karya ilmiah dengan cerdas. “Kita manfaatkan software-software, tapi jangan (sampai) ketergantungan” pungkasnya. Beliau juga menjelaskan berbagai software, dan website yang bisa digunakan para mahasiswa untuk membantu dalam proses pengerjaan karya ilmiah (skripsi). Dalam waktu yang sama, dua pemateri lain juga mengisi acara seminar ini, yakni Juma’ M.Hum dan I’in Nur Zulaili, M.A. yang merupakan dosen di Prodi SPI. Mirip dengan acara seminar yang lain, di akhir seminar diadakan sesi tanya-jawab dengan para mahasiswa yang hadir.(sah)