Berita

Program Studi Bahasa dan Sastra Arab (BSA) UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya telah menggelar acara seminar bertemakan “Teori, Metodologi dan Aplikasinya dalam Penulisan Skripsi Berbahasa Arab”. Acara ini diadakan pukul 8 pagi sampai pukul 12 siang pada hari Selasa (4/10) di gedung Auditorium lantai 5 Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UINSA.

Penyelenggaraan seminar ini memang bisa diikuti oleh berbagai mahasiswa BSA, tapi secara khusus diperuntukkan bagi mahasiswa semester akhir, rentang semester 7 ke atas karena di semester itu mahasiswa sedang banyak-banyaknya yang mempersiapkan diri untuk mengerjakan tugas akhir mereka (skripsi).

Materi pertama dalam acara webinar ini disampaikan oleh Dr. Nuril Mufidah, M.Pd. Selaku dosen dari UIN Malang. Dalam materinya beliau menjelaskan mengenai struktur dalam menulis karya ilmiah berupa jurnal. Tak lupa di sela-sela menyampaikan materi beliau juga menjelaskan mengenai tips agar mudah dalam membuat jurnal. “Saat cek terjemah, gunakan google translate, lalu gunakan grammarly untuk mempercantik tulisan” Ujarnya menjelaskan.

Kegiatan seminar terus berlanjut, pada tepat pukul 10.00 pemateri kedua, Lutfiyah Alindah, M.Hum, MA., yang juga merupakan alumni dari BSA UINSA mulai menyampaikan materi, beliau menjelaskan tentang struktur tulisan karya ilmiah. “(Pembuatan layar belakang) jangan berbelit-belit” Tuturnya. Di lain sisi, beliau juga menyampaikan apabila mahasiswa prodi  BSA juga bisa menggunakan metode kuantitatif dalam penulisan karya ilmiah mereka, tidak hanya menggunakan metode kualitatif seperti yang biasa mahasiswa BSA gunakan.