Sedati, Sidoarjo – Selasa (30/05/2023) Program Peningkatan Mutu Penulisan Jurnal International Bereputasi dilaksanakan di GreenSa Inn. Jajaran dekanat dan staff Fakultas Psikologi dan Kesehatan UINSA diundang di acara tersebut.

Ria Qodariyah Arief, M.Kes selaku Master of Ceremony membuka acara tersebut pukul 08.30 WIB. Pembacaan Umul Qur’an dilantunkan bersama untuk kelancaran rangkaian acara. Iringan lagu Kebangsaan Indonesia Raya dan Hymne UINSA membuat suasana pembukaan semakin khidmat.

Selanjutnya, sambutan dari Dekan FPK UINSA yang pada kesempatan ini diwakili oleh Wakil Dekan I yaitu Dr. Suryani, S.Ag, M.Si. Beliau menuturkan bahwa acara ini sangat potensial untuk membuat FPK semakin baik dalam menata kepenulisan juga mengajarkan kepada mahasiswa dalam menulis jurnal yang baik dan syukur alhamdulillah bisa publish.

Pembacaan doa dipimpin oleh Dr. H. Jainuddin, M.Si. Setelah doa selesai, MC melanjutkan rangkaian acara. Memasuki acara inti, Muhammad Syifaul Muntafi, M.Sc selaku moderator meng-handle acara tersebut. Para tamu undangan diminta mengisi data diri terlebih dahulu sebelum acara inti dimulai. Terdapat dua sesi penyampaian materi dari pemateri.

Sesi pertama, membahas materi mengenai “Penulisan Artikel Penelitian Psikologi untuk Publikasi Jurnal Terindeks Scopus (perspektif editor)” yang disampaikan oleh Dr. Baidi Bukhori, M.Si. Setelah seluruh materi tersampaikan, terdapat sesi tanya jawab untuk para undangan. Di akhir penyampaian materi, beliau memberikan closing statement.

“Terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan kepada saya. Doa saya semoga sukses pertemuan ini, bukan karena saya tapi karena isi pertemuan yang luar biasa. Semoga kegiatan ini memberi manfaat, keberkahan, dan mempererat silaturahim Fakultas Psikologi dan Kesehatan UIN Walisongo dan UINSA”, pungkas beliau.

Sesi kedua, membahas materi mengenai “Best Practice Menembus Jurnal Bereputasi Internasional dalam Bidang Kesehatan” yang disampaikan oleh Ramadhan Tosepu, M.Kes., Ph.D. Seperti halnya sesi pertama, audience juga antusias untuk bertanya kepada pemateri. Setelah sesi QnA selesai. Pemateri juga memberikan closing statement-nya.

Moderator memberikan kesimpulan terkait seluruh materi yang telah disampaikan oleh kedua pemateri. Muhammad Syifaul Muntafi, M.Sc menutup rangkaian acara inti dan dilanjutkan dengan pemberian cinderamata kepada pemateri.

Seluruh rangkaian acara berlangsung dengan lancar dan selesai pukul 14.00 WIB. Di akhir sesi, tak lupa untuk mengabadikan momen tersebut dengan sesi foto bersama seluruh tamu undangan, pemateri, dan moderator. (ODR)