Berita

Himpunan Mahasiswa Ilmu Kelautan Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Ampel Surabaya sukses mengadakan webinar bertema “Marine Acoustic Technologi for Ocean Modelling ” pada hari Sabtu (31/10/2020). Webinar yang dipandu oleh Andik Dwi Muttaqin, M.T. ini menghadirkan narasumber Arya Pramudya, S.Si., Marine Sales Support Manager PT. Hydronav Tehnikatama, dan Bayu Priyono, M.Si. Peneliti dan Koordinator Laboratorium Observasi dan Pemodelan laut, BROL.

Bidang oceanografi merupakan disiplin ilmu yang meluas. Masyarakat pun cenderung belum mengenal bagaimana potensi sumber daya laut. Dalam pembahasan materi pertama yakni Marine Acoustic Technology for Maritime Industry, dijelaskan berbagai komponen instrumen akustik industri maritim. Instrumen akustik sangat bermanfaat bagi pengumpulan data mulai dari pengukuran profil arus dan gelombang, bahkan untuk mengetahui kedalaman air laut. Dalam pembahasan materi kedua yaitu Marine Acoustic and Ocean Modelling, dijelaskan beberapa penerapan akustik oceanografi dan pemodelan laut.

Webinar Marine Acoustic ini diharapkan dapat menginspirasi kita semua untuk berinovasi dalam mengembangkan potensi sumber daya maritim melalui intrumen akustik kelautan. Sehingga ilmu yang diperoleh dari webinar ini kedepannya dapat memunculkan ide-ide baru terkait perkembangan teknologi IPTEK sektor kelautan.