Berita
Rabu, 23 Agustus 2023 telah terselenggara agenda benchmarking dan penjajakan kerjasama antara Pascasarjana Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) UIN Sunan Ampel Surabaya dan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Ketua Program Studi Magister Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (MPGMI), Dr. H. Nadlir, M. Pd. I didampingi Sekretaris Program Studi MPGMI, Dr. H. Aliwafa, M. Ag dan Dr. Achmad Fageh, M. HI serta 2 mahasiswa pascasarjana PGMI telah melakukan kunjungan ke Pascasarjana UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Benchmarking ini bertujuan untuk membahas pengembangan kurikulum dan pengelolaan program studi Magister Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah (MPGMI). Adapun tujuan lainnya yaitu untuk memperkuat jalinan antar perguruan tinggi.
Pada sesi dialog, Dr. H. Nadlir, M.Pd.I mengucap Syukur karena diterima dalam Benchmarking ini. Mengingat, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang merupakan Pioner Unggul Perguruan Tinggi Islam di Indonesia. Lebih dari itu, diterima langsung oleh Pascasarjana PGMI yang tahun lalu (2022), berhasil meraih predikat akreditasi Unggul dari LAMDIK. Tentu, kunjungan ini menjadi kesempatan bagi Pascasarjana UIN Sunan Ampel Surabaya belajar lebih dalam tentang pengembangan kurikulum dan pengelolaan program studi MPGMI
Banyak hal krusial yang dibahas, terutama masalah teknis yang selama ini menjadi kendala bagi prodi-prodi di Pascasarjana, semisal keharusan para mahasiswa mempublikasikan karya ilmiah berupa artikel jurnal sebagai persyaratan ujian tesis, jumlah sks, muatan mata kuliah wajib, penelitian dan pengabdian kolaboratif dosen dan mahasiswa, pencatatan HAKI, dan lain sebagainya. Satu hal yang paling menarik dari UIN Maulana Malik Ibrahim Malang di mata UIN Sunan Ampel Surabaya adalah ciri khas kampus “Ulul Albab” yang menjadi “Trademark” sehingga para sarjana dari dalam maupun luar negeri berminat untuk studi lanjut pada jenjang magister dan doktor di Pascasarjana UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.
  Kemudian, apa rahasia dari keberhasilan prodi-prodi Pascasarjana UIN Malang meraih akreditasi Unggul? Dr. Samsul Susilawati, M. Pd menjawab bahwa kata kunci keberhasilan adalah kebersamaan. Kaprodi Pascasarjana PGMI menjelaskan, di tahun 2022 lalu, secara kebetulan beberapa prodi di Pascasarjana UIN Malang harus akreditasi sehingga semua prodi kerja bareng secara maraton dan berbagi data untuk saling melengkapi. Peran Direktur dan Wakil Direktur juga sangat krusial dalam memimpin proses akreditasi. Demikian pula LPM UIN Malang yang selalu mendampingi siang malam, baik di dalam maupun di luar jam kerja, untuk menyukseskan akreditasi prodi.