Berita
BENCHMARKING KKN KOLABORATIF EKOWISATA; LP2M IAIN Madura berkunjung ke LP2M UIN Sunan Ampel Surabaya

Lp2m report: Jumat, 16 September 2022. Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang diselenggarakan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) UIN Sunan Ampel Surabaya memang layak dan patut diacungi jempol untuk menjadi rujukan berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Tak heran, karena LP2M UINSA mempunyai beragam inovasi model KKN. Beberapa model KKN tersebut antara lain KKN Reguler, KKN Nusantara, KKN Internasional, KKN Ekowisata, KKN Moderasi Beragama, KKN Stunting, KKN ABCD, KKN PAR, KKN CBR, KKN Kolaboratif antar perguruan tinggi, dan beberapa ragam lainnya. Setelah UIN Raden Mas Said Surakarta,  kini LP2M IAIN Madura juga melakukan Benchmarking KKN ke LP2M UINSA pada Jumat, 16 September 2022.

Bertempat di ruang Gedung Twin Tower A lantai 7 UINSA, Benchmarking ini dibuka oleh Ketua LP2M UINSA, Dr. Phil. Khoirun Niam. Tak lupa Dr. Niam memperkenalkan sekretarisnya Aris Fanani, M. Kom, Kepala Pusat Penelitian dan Penerbitan, Dr. Chabib Mustofa, S.Sos.I, M.Si, Kepala Pusat Pengabdian kepada masyarakat, Dr. Agus Afandi, M.Fil.I, Kepala Pusat Pusat Studi Gender dan Anak (PSGA) Dr. Lilik Huriyah, M.Pd.I. Selanjutnya Ketua LP2M UINSA berharap kerjasama ini tidak hanya terkait dengan KKN, tetapi bisa terkait aspek yang lain seperti halnya penelitian.

Selanjutnya, Ketua LP2M IAIN Madura, Drs. Masyhur Abadi, M.Fil.I bergantian memperkenalkan sekretaris, kepala pusat penelitian, kepala pusat pengabdian kepada masyarakat, bendahara, arsiparis LP2M IAIN Madura. Perbincangan hangat dimulai dengan membahas KKN Nusantara, dan berlanjut ke evaluasi KKN Ekowisata di daerah Gili Genting Madura.

Pada tahun 2022 ini UIN Sunan Ampel Surabaya dan IAIN Madura menjalankan KKN Kolaborasi antara perguruan tinggi dengan tema KKN Ekowisata di Gili Genting Madura. Dalam pertemuan ini dikaji dan dievaluasi pelaksanaan KKN Ekowisata di daerah Gili Genting antara lain tentang koordinasi awal, survey lokasi, pembekalan KKN, waktu pelaksanaan KKN, dan berbagai hal lainnya. Selanjutnya Ketua LP2M dan Kepala Pusat Pengabdian kepada Masyarakat UINSA, Dr. Agus Afandi, M.Fil.I merumuskan rencana tindak lanjut untuk keberlangsungan KKN ekowisata di daerah Gili Genting Madura untuk tahun depan. Hal ini dikarenakan sangat memungkinkan tahun depan akan ada sedikit perubahan terkait KKN Ekowisata. Kepala Pusat Pengabdian kepada Masyarakat IAIN Madura berharap agar KKN Kolaborasi ini terus bisa diselenggarakan antara IAIN Madura dan UINSA Surabaya. Semoga ke depan KKN kolaborasi Ekowisata bisa lebih baik dan ditingkatkan lagi. (arfan-elha/lp2m).