Berita

@adminuinsa

Tuesday, 25 January 2022

ASN ADALAH MILIK NEGARA, PESAN REKTOR UINSA

UINSA Newsroom, Selasa (25/01/2021); Memasuki minggu terakhir Bulan Januari, UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya menggelar Pelantikan dan Pengambilan Sumpah/Janji ASN PNS Angkatan Tahun 2022 bagi 49 ASN. Kegiatan ini digelar di Ruang Meeting Rektor Lt. 2 Gedung Twin Towers A UINSA Surabaya, pada Selasa, 25 Januari 2022. Pelantikan dan Pengambilan Sumpah/Janji ASN PNS ini dihadiri segenap Wakil Rektor, Direktur Pascasarjana, dan perwakilan Dekan, serta Kepala Biro pada UINSA Surabaya.

Rektor UINSA Surabaya, Prof. H. Masdar Hilmy, S.Ag., M.A., Ph.D., merasa bahagia dan tersanjung mendapatkan sumber daya baru. Rektor berpesan, agar para ASN baru, segera beradapatasi dengan lingkungan, mekanisme, dan ritme kerja di unit masing-masing. “Karena, keterlambatan kita mengadapatasikan diri dengan lingkungan dan situasi itu berdampak pada pemenuhan tugas dan tanggungjawab kita serta berdampak pada perjalanan karir kita,” ujar Prof. Masdar.

Rektor juga menegaskan, bahwa menjadi ASN berarti telah siap mengabdikan diri sepenuhnya kepada negara. “Sekarang ini, anda bukanlah milik anda sendiri. Atau milik keluarga anda sendiri. Tetapi anda semuanya, saat ini adalah milik negara,” ujar Prof. Masdar.

“Cukuplah proses-proses yang anda lakukan itu dijadikan sebagai pengingat. Dijadikan sebagai benteng didalam diri anda agar anda tidak dihinggapi oleh pikiran-pikiran, impulse-impluse golongan-golongan liar. Baik itu terkait wawasan kebangsaan, wawasan keagamaan, atau pelanggaran-pelanggaran terkait dengan perundang-undangan atau regulasi,” imbuh Prof. Masdar menegaskan.

Perjalanan karir sebagai civitas akademika di UINSA Surabaya, menurut Rektor, akan senantiasa mengandung nilai-nilai ujian, tantangan, dan cobaan, “Seberapa jauh anda mampu memikul beban dan tanggungjawab sebagai ASN yang baik,” tegas Prof. Masdar.

Sebagai rasa syukur, lanjut Rektor, maka ASN harus melaksanakan berbagai peraturan, kode etik, dan hal-hal yang mengikat diri sebagai ASN dengan sebaik-baiknya. Beberapa aspek yang perlu dikembangkan sebagaimana dipesankan Rektor kepada para ASN, antara lain Kompetensi. “Jadilah dosen dan insan akademk yang mencerminkan penguasaan terhadap pengetahuan, skill, dan kompetensi sebagaimana yang telah dibebankan kepada diri anda semuanya,” pesan Prof. Masdar.

“Siapapun yang telah tercetak dalam sebuah unit ataupun lembaga, dan telah disumpah. Maka yang bersangkutan harus memberikan dharma bhaktinya secara maksimal kepada lembaga tersebut. Mudah-mudahan perjalanan anda semuanya diberikan kemudahan oleh Allah SWT,” tukas Prof. Masdar dalam sambutan. (Nur-Chy/Humas)