Berita
ADAKAN PEMBEKALAN MAHASISWA, LABORATORIUM FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN PERSIAPKAN PLP II

Selama dua hari (1 – 2 September 2022) sebanyak 562 mahasiswa ikuti pembekalan pra PLP II yang diadakan oleh laboratorium Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Pembekalan yang diadakan secara daring melalui Zoom Meeting ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan mengenai teknis pelaksanaan serta membekali mahasiswa dengan materi-materi yang dibutuhkan selama pelaksanaan PLP II.

Pembekalan hari pertama dipandu oleh Ibu Nina Indriani, M. Pd. diawali dengan penyampaikan kebijakan PLP II oleh Kepala Laboratorium FTK Bapak Dr. Taufik, M. Pd. I. Disampaikan beberapa kebijakan dan ketentuan dan tata tertib pelaksanaan PLP II yang harus dipatuhi oleh seluruh mahasiswa. PLP II dilaksanakan di 59 RA/TK dan madrasah/sekolah mitra di Kota Surabaya, Kabupaten Sidoarjo dan Kabupaten Gresik. Pesan dari Pak Taufik agar mahasiswa selalu menjaga nama baik lembaga.

Dilanjutkan dengan materi kedua tentang mekanisme pelaksanaan PLP II yang mencakup teknis pelaksanaan, pelaporan dan penilaian. Disampaikan oleh Pranata Laboratorium Pendidikan Bapak Muhammad Syahru Ahmad S, S. Pd, materi disampaikan dengan rinci mulai dari teknis pelaksanaan, tata cara dan pola pembimbingan PLP II baik oleh dosen pembimbing lapangan maupun guru pamong. Diberikan beberapa contoh dalam bentuk video tentang tata cara melakukan observasi lingkungan madarsah/sekolah maupun konferensi antara mahasiswa, guru pamong dan dosen pembimbing lapangan. Dijelaskan pula produk atau output yang harus dihasilkan mahasiswa setelah pelaksanaan PLP II yang terdiri dari laporan pelaksanaan, video sumber belajar, artikel jurnal ilmiah dan e-learning atau media pembelajaran. Mengenai penilaian disampaikan bahwa nilai adalah gabungan dari penilaian yang diberikan oleh dosen dan penilaian yang diberikan oleh guru pamong.

Materi berikutnya dipandu oleh Ibu Fahmy Imaniar, M. Pd. adalah tentang Best Practice Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran di Sekolah/Madrasah yang disampaikan oleh narasumber seorang guru penggerak Ibu Djamilah, S. Pd (Kepala SMP IT At Taqwa Surabaya). Materi ketiga ini bertujuan memberikan gambaran kepada mahasiswa mengenai penerapan kurikulum merdeka di madrasah/sekolah. Beliau mengajak mengajak mahasiswa untuk aktif dengan melempar beberapa pertanyaan dan meminta mahasiswa untuk merespon seputar pengetahuan mereka tentang kurikulum merdeka. Diselingi dengan tambahan pengetahuan keagamaan, materi yang disampaikan sangat menarik tampak dari antusias mahasiswa dalam merespon pertanyaan narasumber.

Pembekalan berlanjut pada hari kedua, dipandu oleh Ibu Reni Wulandari, S. Pd. materi pertama mengenai Penulisan Artikel pada Jurnal Ilmiah dan Open Jurnal System (OJS). Disampaikan oleh Bapak Auliya Ridwan, M. Pd. I., MS., Ph. D materi disampaikan sangat menarik dengan mengajak mahasiswa langsung masuk ke OJS dan ditunjukkan bagaimana cara submit artikel jurnal ilmiah. Reference Manager dalam penulisan artikel ilmiah sangat penting karena akan mempermudah dalam menulis. Beberapa mahasiswa menyampaikan rasa ingin tahunya dengan bertanya seputar jurnal yang semua dijawab dengan jelas oleh Bapak Auliya.

Materi terakhir tentang Learning Management System (LMS) yang digunakan selama PLP II. Disampaikan oleh Pranata Laboratorium Pendidikan Ibu Desy Indarwati, S. Pd. dilakukan simulasi langsung dengan menggunakan LMS yaitu SATe PraDa. Mulai dari cara mengakses, buat akun, edit profil, memilih penempatan, melihat profil dosen pembimbing dan guru pamong serta fitur-fitur yang lain dijelaskan dengan detail oleh narasumber. Pada bagian laporan ditekankan pada bagaimana cara mengupload laporan yang terdiri dari dua macam yaitu laporan harian dan laporan akhir. Ibu Desy juga memberikan trik agar mahasiswa tidak terlalu terbebani dalam upload laporan. Beberapa mahasiswa yang mengalami kendala disampaikan dalam forum diskusi dan dijawab langsung serta diberikan solusi oleh narasumber. Pada akhir sesi disampaikan agar mahasiswa selalu menjaga nama baik fakultas, UINSA serta nama baik sekolah.