Berita

Rabu (24/04) Fakultas Ushuluddin dan Filsafat UIN Sunan Ampel Surabaya menggelar acara Yudisium ke-107 yang bertempat di auditorium. Kegiatan Yudisium ini dihadiri oleh 74 peserta yudisium yang sangat antusias dari enam prodi di Fakultas Ushuluddin dan Filsafat, mulai dari prodi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir (IAT), Ilmu Hadis, Studi Agama Agama (SAA), Aqidah dan Filsafat Islam (AFI), Tasawuf dan Psikoterapi (TP), dan Pemikiran Politik Islam (PPI) yang dikukuhkan dengan mendapat gelar Sarjana Agama (S.Ag). Dalam kegiatan ini juga dihadiri oleh pimpinan fakultas, jurusan, prodi, dan para dosen.

Acara Yudisium ke-107 FUF dibuka secara langsung oleh Dekan Fakultas Ushuluddin dan Filsafat yaitu Prof. Abdul Kadir Riyadi, Ph.D. Terlihat jelas dari raut wajah dan senyum mereka, terpancar kebahagiaan dan kebanggaan atas pencapaian mereka selama mengemban ilmu di bangku perkuliahan. Tidak hanya para yudisi saja yang sangat bahagia, melainkan juga para pembimbing dan para dosen turut bahagia atas pencapaian mereka selama ini. Dalam sambutannya, Prof. Abdul Kadir mengatakan, “Suatu saat saya akan menunggu kabar, bahwa mahasiswanya akan menjadi orang yang sukses.”

Suasana Yudisium ke -107 FUF. (Sumber: Dokumentasi Media Center FUF)

Pada acara tersebut diberikan pula apresiasi dan penghargaan atas prestasi akademik bagi mahasiswa, baik di tingkat fakultas maupun tingkat program studi (prodi) berikut prestasi non akademik atau prestasi khusus di tingkat fakultas. Yudisi terbaik pada tingkat fakultas yakni Hizbia Qurani, S.Ag IPK 3,84 dari prodi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir (IAT), disusul Najib Asyrof Imtiyaz, S.Ag IPK 3,83 dari prodi Tasawuf dan Psikoterapi (TP), dan Khikmalia Beauty Margareta IPK 3,79 dari prodi Ilmu Hadis.

Mahasiswa terbaik satu, dua, dan tiga dari prodi Aqidah dan Filsafat Islam (AFI) yaitu Sindi Wulan Aprilia, S.Ag IPK 3,77, Mu’awinati Isna Zilfia, S.Ag IPK 3,71, dan Faradillah Sania Kusuma Putri, S.Ag IPK 3,71. Terbaik satu, dua, dan tiga dari prodi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir (IAT) yaitu Hizbia Qurani, S.Ag IPK 3,84, Doni Muhammad Ghifari, S.Ag IPK 3,83, dan Atika Hafsah Aliyah, S.Ag IPK 3,79. Selanjutnya terbaik satu, dua, dan tiga dari prodi Ilmu Hadis yaitu Inaya Hartina Aliyah, S.Ag IPK 3,79, Khikmalia Beauty Margareta, S.Ag IPK 3,79, dan Diva Rahayu Oktaviani, S,Ag IPK 3,78.

Mahasiswa terbaik satu, dua, dan tiga dari prodi Pemikiran Politik Islam (PPI) yakni M. Chindra Bagas, S.Sos IPK 3,74, Fitria Novita Anin, S.Sos IPK 3,60, dan Nafal Risza Abiyyu, S.Sos IPK 3,54. Terbaik satu, dua, dan tiga dari prodi Studi Agama Agama (SAA) yakni Indah Srimulyati, S.Ag IPK 3,69, Siti Hanifah, S.Ag IPK 3,67, dan Erlina Al Maghfiro, S.Ag IPK 3,66. Selanjutnya terbaik satu, dua, dan tiga dari prodi Tasawuf dan Psikoterapi (TP) yakni Najib Asyrof Imtiyaz, S.Ag IPK 3,83, Mahbub Junaidi, S.Ag IPK 3,70, dan Habibatun Nuriyyah, S.Ag IPK 3,69.

Diberikan juga penghargaan terbaik non akademik di tingkat fakultas kepada Nadya Sofia Putri, S.Ag prodi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir (IAT) sebagai mahasiswa kreatif & inspiratif (pendongeng ceria), Sindy Wulan Aprilia, S.Ag sebagai penulis karya tulis populer produktif dengan 37 tulisan, Mu’awinati Isna Zilfia, S.Ag sebagai selebgram populer kampus (produktif dalam menulis tulisan, 2100 followers, serta aktif membagikan kegiatan kampus di Instagram), kedua mahasiswa ini berasal dari prodi Aqidah dan Filsafat Islam (AFI), dan yang terakhir M. Chindra Bagas, S.Sos sebagai penulis artikel jurnal.

Acara yudisium ini berjalan dengan baik dan khidmat. Acara kemudian ditutup dengan doa yang dipimpin oleh Dr. Ghozi, Lc, M.Fil.I. dan diakhiri dengan menyanyikan lagu padamu negeri, serta dilanjutkan dengan sesi foto bersama setiap prodi. (Siti Uswatun Khasanah – Mahasiswi Fakultas Ushuluddin dan Filsafat)