Berita

UIN Sunan Ampel Surabaya

Monday, 22 August 2022

Webinar Panduan Percepatan Penulisan Disertasi

UINSA Newsroom-Selasa, 16 Agustus 2022, Pascasarjana UIN Sunan Ampel Surabaya (PPS-UINSA) mengadakan webinar dengan tema: “Panduan Percepatan Penulisan Disertasi”, dengan narasumber Prof. Dr. Phil. Sahiron Syamsuddin, M.A. (Wakil Rektor II UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta). Acara ini merupakan bagian dari monitoring dan evaluasi untuk mencapai target Kelulusan Tepat Waktu (KTW) dan men-support mahasiswa yang terancam DO untuk semangat menyelesaikan disertasinya. Acara tersebut dimulai pukul 13.00 WIB dan berakhir pada pukul 16.00 secara daring melalui zoom meeting.

Prof. H. Masdar Hilmy, MA, P.hd (Direktur Pascasarjana) dalam sambutannya menyampaikan bahwa acara ini sejatinya monev untuk mahasiswa doktoral yang mendapatkan beasiswa 5000 Doktor dari Kemenag RI, namun tidak ada salahnya mengajak semua mahasiswa pascasarjana (magister dan doktoral) yang belum lulus untuk mengikutinya. Kegiatan ini merupakan salah satu upaya PPS-UINSA untuk meningkatkan kualitas penulisan tugas akhir mahasiswa sehingga layak dipublikasi. Beliau memberi motivasi dan harapan bahwa kompetensi menulis karya ilmiah harus menjadi habit quality mahasiswa pascasarjana. Di samping itu, pascapandemi ini mahasiswa perlu di-charge semangat, supaya ‘eling’ kalau Anda semua itu mahasiswa yang berkewajiban menyelesaikan studinya. Lebih lanjut beliau memastikan bahwa manajemen pasca—khususnya prodi dan TU–akan memfasilitasi dan membantu Anda semua untuk proses tersebut.

Dalam paparan materinya, Prof. Sahiron menjelaskan bahwa signifikansi penulisan dan publikasi ilmiah itu untuk pengembangan ilmu, kenaikan pangkat, dan profesi mengajar di Perguruan Tinggi. Untuk kalian mahasiswa tentu tesis dan disertasi itu wajib selesai. Selanjutnya beliau menguraikan 9 aspek yang harus diperhatikan agar tulisan itu ilmiah dan layak published, yaitu: fokus pembahasan, novelty dan orisinalitas, penyusunan argumentasi yang baik, keruntutan/organisasi penulisan, kejelasan pemaparan, kualitas Bahasa, referensi yang dipakai, kontribusi keilmuan, dan relevansi dengan tema (bila ditentukan).

Acara yang dipandu oleh Dr. Sanuri, S.Ag, M.Fil.I (Kaprodi Ilmu al-Qur’an dan Tafsir Program Doktor) ini diapresiasi oleh mahasiswa yang merasa tercerahkan dan terbantu menentukan fokus penelitian, menentukan pendekatan dan memilih teori yang relevan, atau setidaknya tidak terbelenggu oleh idealisme menulis tesis/disertasi. Mahasiswa terinspirasi, terpacu semangat, dan berkomitmen untuk menyelesaikan karya tulisnya. Bukti semangat mereka, 86 peserta nyaman dan betah mengikuti acara sampai akhir.

Dalam closing statementnya, pemateri mengarahkan para peserta untuk menjaga dua hal penting, yaitu: pertama, jaga semangat dalam menyelesaikan tesis/disertasi; dan kedua, belajarlah menulis yang baik, jangan terlalu idealis. Selesaikan saja dulu (finishing, editing, dan revision sambil jalan). Pengembangannya terus menerus sambil berkarir.