Berita
VLC The International Series: Strategi Pemilihan Buku yang Tepat untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa

Perpustakaan UIN Sunan Ampel Surabaya kembali menyelenggarakan Virtual Library Class (VLC) The International Series dengan tema “Increasing The Role of Libraries as Centers of Excellence in Reading and Writing.” pada hari Jumat, 09 September 2022. Berbeda dengan minggu sebelumnya (2/9), pada seri ini membahas terkait “Strategies for Determining Reading Books to Increase Children’s Reading Interest” dengan narasumber Aprile Denise selaku pendiri dan konsultan Yayasan Literasi Anak Indonesia.

Webinar ini dimulai dengan sambutan oleh Prof. Dr. Hj. Evi Fatimatur Rusydiyah, M.Ag. (kepala perpustakaan) dan dilanjutkan pengarahan sekaligus membuka webinar secara resmi yaitu oleh rektor UINSA Prof. Akh. Muzakki, M.Ag., Grad.Dip.SEA., M.Phil., Ph.D.

Dalam kesempatan ini rektor UINSA sangat mengapresiasi perpustakaan yang telah menyelenggarakan webinar internastional, dengan menghadirkan pemateri yang sangat berpengalaman di bidangnya. Lebih lanjut rektor UINSA menyebutkan bahwa terdapat dua konsep apabila membahas tentang membaca dan menulis. Reading interest dan reading ability merupakan dua hal yang berbeda namun tetap saling berkaitan. Pemilihan buku yang sesuai akan sangat berpengaruh terhadap minat baca anak. Oleh karena itu melalui seminar ini, rektor UINSA berharap dapat menambah pengetahuan tentang bagaimana menyeleksi buku yang tidak hanya meningkatkan baca anak tetapi juga dapat meningkatkan kemampuan baca.

Pertama, Aprile Denise selaku narasumber menyebutkan bahwa melalui webinar ini, beliau ingin berbagi pengetahuan terkait cara memilih buku yang baik untuk dibaca anak-anak, cara memilih buku untuk memenuhi kebutuhan membaca semua anak dan langkah awal untuk mengajak anak membaca dengan tujuan kesenangan.

Didampingi oleh rekannya, Fourgelina, Aprile Denise memaparkan alasan mengapa menumbuhkan minat baca pada anak sangat penting. Selain itu, Aprile Denise menjelaskan bahwa pengajaran strategi membaca oleh guru terlatih juga sangat diperlukan. Pemilihan genre dalam buku anak sudah seharusnya diperhatikan, sebagai contoh yaitu genre fantasi, fiksi realis, non fiksi dan lain sebagainya.

Aprile Denise lebih lanjut menjelaskan 3 prinsip dasar buku yang baik untuk disediakan di perpustakaan ramah anak, diantaranya yaitu menyediakan buku yang ingin dibaca oleh anak, menyediakan berbagai jenis buku dan menyediakan buku untuk semua kemampuan membaca anak.

Tidak hanya memaparkan secara lisan, narasumber juga menyajikan materi secara visual melalui pemutaran video. Di akhir pemaparan Aprile Denise juga memaparkan platform digital buku yang bervariasi yang dapat diakses, sehingga anak-anak dapat membaca buku dengan pilihan yang beragam. (Dep)