Berita

UINSA Newsroom, Selasa(11/06/2024); Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) Surabaya menyelenggarakan Pelatihan Peningkatan Kompetensi Bagi Dosen Baru di Gedung GreenSA Inn Lt. 5 Sidoarjo pada Selasa-Rabu, 11-12 Juni 2024.

Pelatihan Peningkatan Kompetensi Dosen ini digelar untuk 62 peserta. Terdiri dari Dosen Asisten Ahli dan Tenaga Kependidikan pada Bidang Organisasi dan Kepegawaian di lingkungan UINSA Surabaya.

Acara digelar dalam rangka membekali para dosen baru agar dapat meningkatkan kompetensi dan profesionalitasnya guna merancang proses, mengevaluasi, dan melaksanakan pembelajaran secara lebih efektif. Sejalan dengan konsep Integrasi Keilmuan Twin Towers yang digagas UINSA Surabaya.

Dr. H. Muhtar Hazawawi, M.Ag., Kepala Biro Administrasi Umum, Perencanaan, dan Keuangan (AUPK) selaku Ketua Panitia menjelaskan maksud dan tujuan digelarnya acara Peningkatan Kompetensi Dosen Baru. “Kegiatan ini menjadi komitmen dan motivasi yang kuat untuk menjadikan dosen yang ada di UINSA semakin profesional dan taat regulasi,” paparnya.

Kabiro AUPK berharap, UINSA terus berusaha untuk meningkatkan mutu faktor pelayanan. Baik layanan pembelajaran dalam bidang akademik maupun non-akademik, serta layanan manajemen, maupun fasilitas perkuliahan untuk memastikan mahasiswa dapat mengenyam pendidikan yang berkualitas. “Dosen Asisten Ahli masa depannya masih panjang. Anda telah memilih satu jalan pasti sebagai pendidik di UINSA. Harapan kami tentu bisa lebih baik lagi, semakin meningkat kualitas dan karirnya sampai ke guru besar,” imbuhnya.

Acara dibuka Wakil Rektor bidang Akademik dan Kelembagaan, Prof. Dr. H. Ali Mudlofir, M.Ag., selaku Plh. Rektor. Dalam sambutannya Prof. Ali menyampaikan, agar para peserta pelatihan yang sebagian besar merupakan dosen muda untuk aktif dan memanfaatkan pelatihan ini dengan baik. Sehingga ke depannya dapat meningkatkan kinerja saat proses belajar mengajar.

Prof. Ali menegaskan, bahwa pelatihan semacam ini merupakan acara yang penting bagi dosen. Prof Ali beranggapan, bahwa mahasiswa saat ini memiliki perkembangan teknologi yang sangat cepat. Sehingga Dosen perlu menyesuaikan kualitas pengajaran untuk bisa mengimbangi.

“Manfaatkan pelatihan ini untuk berinteraksi dengan para pemateri. Sehingga dapat menyerap banyak ilmu untuk melahirkan inovasi dan peningkatan keterampilan pengajaran, serta bagaimana memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran,” ujarnya.

Sebagai informasi, pelatihan hari pertama membahas tentang Perencaaan, Praktik, dan Evaluasi Rencana Pembelajaran Semester (RPS). Dengan Narasumber dari Lembaga Penjamin Mutu (LPM) UINSA, yaitu Prof. Dr. Hj. Evi Fatimatur Rusydiyah., M.Ag, Muhammad Nuril Huda, M.Pd., Dr. Siti Asmiyah, S.Pd., M.Tesol., dan Agus Kurniawan, M.Pd.

Sedangkan pada hari kedua akan membahas tentang Pembelajaran pada Era Revolusi Industri 4.0 bersama Dini Adni Navastara, S.Kom, M.Sc. Dilanjutkan materi Dra. Eris Juni Ristiana, M.M. (Kepala Kantor Regional Surabaya) dan Divya Sistha, S.H. (Analis permasalahan hukum Kanreg II BKN Surabaya) terkait Implementasi Peraturan Badan Kepegawaian Negara Nomor 3 tahun 2023 tentang angka kredit, kenaikan pangkat, dan Jenjang Jabatan Funsional. (Cah/Humas)

Reportase dan Foto: MN. Cahaya
Redaktur: Nur Hayati