Berita

UINSA Newsroom, Selasa (11/06/2024); Dalam upaya membentuk pemimpin masa depan yang kompeten dan berintegritas, Generasi Baru Indonesia (GenBI) Korkom Suramadu-Bojonegoro 2024 mengikuti pelatihan kepemimpinan dan outbound bertajuk “Leadership Practice & Capacity Building” yang diselenggarakan Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Jawa Timur bekerja sama dengan Brigade Infanteri 2 Korps Marinir Sidoarjo pada Jumat-Ahad, 7-9 Juni 2024.

Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari dan diikuti 321 peserta dari sembilan Perguruan Tinggi Mitra Beasiswa Bank Indonesia di Jawa Timur. Para peserta berasal dari Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, Universitas Negeri Surabaya, Universitas Airlangga, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya, Universitas Pembangunan Negeri Veteran Jawa Timur, Institut teknologi Surabaya, IAIN Madura, Universitas Trunojoyo Madura, dan Universitas Nadhatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro. Dengan berbagai latar belakang akademis dan kebudayaan, kegiatan ini menjadi ajang untuk mempertemukan para calon pemimpin muda yang beragam.

Acara dimulai dengan upacara pembukaan di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur. Seluruh peserta hadir bersama jajaran rektorat dari sembilan universitas tersebut. Iqbal Reza Nugraha selaku Kepala Divisi Perumusan dan Implementasi Kajian Ekonomi Keuangan Daerah (Kekda) Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur menegaskan, bahwa kegiatan ini merupakan kesempatan langka yang tidak bisa didapatkan semua mahasiswa.

Output dari kegiatan ini adalah sebagai pembekalan kepemimpinan kepada anggota GenBI untuk melatih kedisiplinan, membangun loyalitas, mengasah keterampilan high level thinking, komunikasi, dan kerjasama atau teamworks serta mengoptimalkan pengayaan soft skills dari anggota GenBI.

Dalam acara tersebut, Ketua Umum GenBI UIN Sunan Ampel Surabaya terpilih sebagai peserta teraktif. Dalam sambutannya, ia menyampaikan bahwa pelatihan ini memberikan wawasan yang luas serta memupuk rasa kekeluargaan dan kedisiplinan yang penting untuk meraih kesuksesan di masa depan. “Mari kita terapkan ilmu yang didapat selama pelatihan dalam kehidupan sehari-hari dan menjadi pemimpin yang bisa diandalkan,” ujarnya.

Salah satu peserta, Moh. Adil Saputro, juga menyampaikan hal yang sama. “Pelatihan ini memberikan insight baru, menambah relasi, serta banyak benefit lain yang didapat selain ilmu, termasuk hadiah-hadiah menarik,” ungkapnya dengan antusias. Ia merasa bahwa pelatihan ini sangat bermanfaat dan memberikan banyak pengalaman berharga yang tidak bisa didapatkan di bangku kuliah.

Dengan berakhirnya pelatihan ini, diharapkan para peserta dapat menerapkan ilmu yang didapat dan menjadi pemimpin masa depan yang kompeten dan berintegritas. Para peserta diharapkan mampu membawa perubahan positif di lingkungan masing-masing dan berkontribusi bagi kemajuan bangsa dan negara. Kegiatan ini menjadi bukti nyata bahwa investasi dalam pengembangan sumber daya manusia adalah kunci untuk menciptakan masa depan yang lebih baik.

Reportase: GenBI UINSA
Redaktur: Nur Hayati
Desain Foto: MN. Cahaya