Berita

HEPI (Higher Education Partnerships Innitiative) USAID (United States Agency for International Development) melakukan kolaborasi dengan Arizona State University untuk memperkuat kemitraan antara institusi pendidikan tinggi baik di Indonesia maupun Amerika Serikat. HEPI berfokus pada mendukung institusi pendidikan tinggi di Indonesia melalui suatu konsorsium yang melibatkan universitas, pemerintah, dan mitra industri. Upaya ini bertujuan untuk memperbarui kurikulum agar lebih relevan dengan kebutuhan industri, mencapai standar akreditasi internasional, dan meningkatkan pengakuan kredit mata kuliah antar universitas di AS dan Indonesia.

Pada kesempatan ini Delegasi UIN Sunan Ampel diwakili oleh Dekan Fakultas Sains dan Teknologi (Dr. Asep Saepul Hamdani), Koordinator Pusat Akreditasi dan Pemeringkatan Lembaga Penjaminan Mutu UINSA (Ahmad Lubab, M.T), dan Ketua Jurusan Sains (Asri Sawiji, M.T). Acara HEPI USAID Forum yang mengusung tema: Showcasing Applied Learning and International Accreditation Value and Success. Acara ini diselenggarakan di Aula Barat Institut Teknologi Bandung dan dibuka oleh Country Dicrector USAID HEPI yaitu Bapak Dr. Abdul Rahman. Beliau mengatakan bahwa ”acara forum ini dihadiri oleh >106 peserta dari berbagai universitas dari Aceh hingga Papua”. Rahman menambahkan bahwasanya ”Program ini diharapkan dapat menciptakan budaya akademik yang baik untuk program studi berkarakter STEM (Science, Technology, Engineering dan Mathematics) sehingga semua lulusannya mampu menjawab kebutuhan industri kedepan”.

Country Director HEPI USAID

 

Tim UINSA berdiskusi dengan Country Director HEPI USAID.

Bapak Jalu Cahyanto selaku Project Manager USAID Indonesia turut memberikan sambutan bahwa HEPI USAID bekerja sama dengan Arizona State University (USA) untuk membantu universitas dalam melakukan pembimbingan kurikulum yang berstandar ABET (Accreditation Board for Engineering and Technology) sehingga nantinya banyak program studi di Indonesia yang memiliki akreditasi internasional.

Selain itu, HEPI menjalin kemitraan dengan perusahaan-perusahaan industri ternama seperti Cisco, Oracle, Dow, dan Rockwell. Cisco juga menawarkan program Cisco Networking Academy untuk pelatihan dan sertifikasi mahasiswa secara gratis.

Bapak Dekan FST dan Tim menghadiri acara HEPI USAID Forum

Asep Saepul Hamdani selaku Dekan FST di akhir sesi mengatakan bahwa Program studi teknik di UIN Sunan Ampel akan berkomitmen untuk mencapai akreditasi internasional ABET. Kami sangat berharap 5 tahun pendampingan dari HEPI USAID bersama Arizona State University ini mampu menciptakan lulusan yang berkualitas.

Asri Sawiji menambahkan bahwasanya FST perlu menguatkan adanya advisory board yang terdiri dari alumni dan dunia Industri, sehingga masukan dari member advisory board mampu memberikan masukan pada kurikulum serta mampu menciptakan Project Based Learning pada Capstone Design yang outcomenya mampu menjawab tantangan dunia Industri.