Tugas 1 Mk. Sosiologi Pendidikan
Nama : Wildanatul Khusniyyah
NIM : 10010322027
Program Studi : Sosiologi
Fakultas : Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
“Masyarakat adalah sistem yang terdiri dari bagian yang saling terkait dan bekerjasama untuk mencapai keseimbangan”. (Emile Durkheim)
“Tunas Muda di dusun Kepetingan”
Layaknya Tunas kelapa yang akan tumbuh menjadi sebatang pohon kelapa yang semua bagian pohon nya dapat dimanfaatkan, begitu pula anak anak dari SDN 2 Sawohan dan SMPN Satu Atap adalah generasi penerus yang akan memberikan begitu banyak manfaat di masa depan bagi masyarakat dusun kepetingan. Sulitnya akses menuju dusun kepetingan tidak mengurangi rasa semangat dari guru guru yang setiap hari nya menempuh perjalanan berkilo kilo meter demi memberikan ilmu kepada anak anak dusun sawohan. Menurut informasi yang didapat ketika kami melakukan pengabdian masyarakat disana, disebutkan bahwa guru guru datang dari luar menuju sekolah menggunakan jalur perahu gratis yang difasilitasi oleh pemerintah setempat. Anak anak di dusun kepetingan juga sangat antusias dalam mengikuti pembelajaran pembelajaran, baik oleh para guru, maupun dari kami Rekan – Rekanita PK IPNU IPPNU UINSA yang pada saat itu diberi kesempatan untuk mengabdi disana beberapa hari. Pengalaman yang sangat berkesan bagi kami.
Proses penerapan nilai nilai serta semangat belajar anak anak Dusun Kepetingan ini dikaji melalui teori konstruksi sosial dari Peter L. Berger yaitu proses eksternalisasi, objektivasi dan internalisasi. Proses eksternalisasi yaitu proses dimana individu menciptakan realitas sosial melalui tindakan dan interaksi. Terdapat peran guru serta keluarga dari anak anak dusun kepetingan untuk memupuk nilai serta semangat dari mereka. Kemudian dilanjutkan dengan proses objektivasi yaitu penerimaan nilai nilai yang telah diberikan serta proses internalisasi yaitu proses penyerapan dan penerapan nilai nilai yang telah diberikan untuk dijadikan pedoman hidup serta dijadikan sebagai bagian dari dirinya.
- Pusat Pengembangan Bahasa UINSA Sukses Gelar Seleksi Wawancara Calon Penerima Beasiswa S1 Maroko 2025by Pusat Pengembangan Bahasa (P2B)
- BANGUN KESALEHAN PRIBADI, REKTOR: YANG HARUS KITA PIKIRKAN ITU ‘THE UINSA DIGNITY’by UIN Sunan Ampel Surabaya
- The 3rd ICONITIES 2025: Memperluas Perspektif Lintas Budaya dalam Sejarah, Bahasa, dan Sastra di Tengah Ketidakpastian Globalby Fakultas Adab & Humaniora
- TINGKATKAN KAPASITAS DAN PERAN STRATEGIS GURU, UINSA UNDANG GURU BK SEMINAR KESEHATAN MENTALby UIN Sunan Ampel Surabaya
- PSPPP UINSA KEMBALI DIPERCAYA PUSPENMA KEMENAG KAWAL TES SKOLASTIK BIB 2025by UIN Sunan Ampel Surabaya
- PENDAFTARAN MAHASISWA BARU JENJANG MAGISTER DAN DOKTOR BAGI CALON PENERIMA BIB 2025by Magister Pendidikan Agama Islam
- MENGAPA HIDUP BUTUH REFERENSI?by UIN Sunan Ampel Surabaya
- Disertasi Branding Sekolah Pesantren Mojokerto Curi Perhatian, Hadirkan Perspektif Baru di Dunia Pendidikanby Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
- BEKALI PEGAWAI BARU, UINSA GELAR SEKOLAH KINERJA BAGI CPNS DAN PPPKby UIN Sunan Ampel Surabaya
- Khatam Ngaji, Khatam Ngelmu, Khatam Ngibadahby Prodi Sejarah Peradaban Islam