Tugas 1 Mk. Sosiologi Pendidikan
Nama : Wildanatul Khusniyyah
NIM : 10010322027
Program Studi : Sosiologi
Fakultas : Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
“Masyarakat adalah sistem yang terdiri dari bagian yang saling terkait dan bekerjasama untuk mencapai keseimbangan”. (Emile Durkheim)
“Tunas Muda di dusun Kepetingan”
Layaknya Tunas kelapa yang akan tumbuh menjadi sebatang pohon kelapa yang semua bagian pohon nya dapat dimanfaatkan, begitu pula anak anak dari SDN 2 Sawohan dan SMPN Satu Atap adalah generasi penerus yang akan memberikan begitu banyak manfaat di masa depan bagi masyarakat dusun kepetingan. Sulitnya akses menuju dusun kepetingan tidak mengurangi rasa semangat dari guru guru yang setiap hari nya menempuh perjalanan berkilo kilo meter demi memberikan ilmu kepada anak anak dusun sawohan. Menurut informasi yang didapat ketika kami melakukan pengabdian masyarakat disana, disebutkan bahwa guru guru datang dari luar menuju sekolah menggunakan jalur perahu gratis yang difasilitasi oleh pemerintah setempat. Anak anak di dusun kepetingan juga sangat antusias dalam mengikuti pembelajaran pembelajaran, baik oleh para guru, maupun dari kami Rekan – Rekanita PK IPNU IPPNU UINSA yang pada saat itu diberi kesempatan untuk mengabdi disana beberapa hari. Pengalaman yang sangat berkesan bagi kami.
Proses penerapan nilai nilai serta semangat belajar anak anak Dusun Kepetingan ini dikaji melalui teori konstruksi sosial dari Peter L. Berger yaitu proses eksternalisasi, objektivasi dan internalisasi. Proses eksternalisasi yaitu proses dimana individu menciptakan realitas sosial melalui tindakan dan interaksi. Terdapat peran guru serta keluarga dari anak anak dusun kepetingan untuk memupuk nilai serta semangat dari mereka. Kemudian dilanjutkan dengan proses objektivasi yaitu penerimaan nilai nilai yang telah diberikan serta proses internalisasi yaitu proses penyerapan dan penerapan nilai nilai yang telah diberikan untuk dijadikan pedoman hidup serta dijadikan sebagai bagian dari dirinya.
- UINSA SAMBUT STUDI KAMPUS DARI SEKOLAH BOJONEGORO DAN LAMPUNGby UIN Sunan Ampel Surabaya
- MEMBANGUN GEN-Z BERKREASI DAKWAH RAMAH MELALUI MEDIA BARUby UIN Sunan Ampel Surabaya
- 5 KIAT BEBAS KECEWA DAN DENDAMby UIN Sunan Ampel Surabaya
- Mahasiswi Teknik Lingkungan UINSA, peserta Student Outbond Mobility 2024 to Thailand: “From Laboratory to Thailand: Make Your Dreams without Boundaries!”by Prodi Teknik Lingkungan
- LEBIH BERSEMANGAT BELAJAR AL QUR’AN SETELAH MENDAPAT PENCERAHANby UIN Sunan Ampel Surabaya
- Dosen dan Mahasiswa HI UINSA Dorong Internasionalisasi UMKM Kerupuk Ikan di Desa Srowoby Fakultas Ilmu Sosial & Politik
- Dosen HI Kupas Tuntas Peran Middle Power di Era Multipolaritasby Fakultas Ilmu Sosial & Politik
- Prodi PAI UINSA dan INAMIS Diskusi Merancang Kurikulum Berbasis Outcome-Based Education (OBE)by Prodi Pendidikan Agama Islam
- Mengapa Memilih Islam Jawa Bukan Islam Arabby Fakultas Ushuludin & Filsafat
- Tom Lembong-Said Didu : Simbol Perlawanan Negaraby Fakultas Ushuludin & Filsafat