Berita

Perpustakaan

Monday, 8 August 2022

Training of Trainers Penggunaan Mendeley dalam Penulisan Karya Ilmiah

Jumat, 05 Agustus 2022. Menindaklanjuti rapat koordinasi terkait jadwal pembinaan kepenulisan yang digagas oleh Prof. Dr. Hj. Evi Fatimatur Rusydiyah, M.Ag. (kepala perpustakaan) dan dalam rangka meningkatkan kompetensi pustakawan, Perpustakaan UINSA menyelenggarakan Training of Trainers (TOT) terkait Reference Manager Tools: Mendeley. Pelatihan yang dilaksanakan di Ruang Smart Room Perpustakaan UINSA ini menghadirkan narasumber oleh Pustakawan UINSA sendiri yaitu Ummi Rodliyah, S.Ag., S.IPI., M.Hum.

Dalam pemaparan materi pertama dari enam sesi yang direncanakan, para pustakawan diberikan wawasan terkait ragam jenis reference manager tools, diantaranya yaitu Mendeley, Zotero, Qiqqa dan lain sebagainya, baik yang berbayar maupun yang dapat diakses secara gratis. Ummi Rodliyah selaku pemateri juga memaparkan manfaat dan pentingnya menggunakan Mendeley. Ummi mengatakan bahwa sebaiknya keterampilan menulis harus diimbangi dengan kemampuan untuk menggunakan reference manager tools.  Selain mempermudah dalam melakukan sitasi, tentunya hal ini karena tuntutan dari publisher jurnal.

“Saat ini banyak sekali jurnal yang mensyaratkan artikel yang dipublikasikan harus menggunakan reference manager tools, salah satunya adalah Mendeley” ungkap Ummir

Pada kesempatan ini, para pustakawan dipandu mulai proses pendaftaran akun hingga penggunaannya. Dalam menginstall aplikasi, para pustakawan juga mengalami beberapa permasalahansehingga dalam praktiknya diselingi oleh beberapa pertanyaan. Setelah mengalami trial-error, para pustakawan pun berharap dapat meminimalisir dan mampu menghadapi kendala dalam memandu para sivitas akademika UINSA kedepannya nanti.

Dengan dilaksanakannya pelatihan ini, diharapkan dapat menjadi langkah awal bagi perpustakaan untuk meningkatkan publikasi ilmiah di lingkup UINSA dan untuk mewujudkan UINSA sebagai Writing University. (Dep)