Berita

Sidoarjo — (04/07/2024) Upayakan peningkatan kualitas media promosi universitas, Bidang Kerjasama, Kelembagaan, dan Humas Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) mengadakan pelatihan praktis dengan tajuk “Teknik Editing Video Efektif dengan CapCut untuk Promosi Kampus.” Pelatihan ini bertujuan untuk memperkuat materi branding kampus melalui pengelolaan media yang lebih efektif.

Kegiatan ini bertempat di Hall Lt. 5, Gedung GreenSA Inn, Sidoarjo. Rektor dan jajaran terkait turut menghadiri kegiatan ini sekaligus untuk membuka secara resmi. Pelatihan praktis ini turut mengundang sejumlah perwakilan dari tiap fakultas di UINSA dengan rincian mahasiswa, tenaga pendidik, dan tenaga kependidikan.

Fakultas Psikologi dan Kesehatan (FPK) turut serta dalam kegiatan pelatihan dengan mengirimkan perwakilan. Terdapat delapan mahasiswa anggota tim media fakultas beserta Dra. Ruhayati, M.M selaku pendamping dari tenaga kependidikan.

Kegiatan ini menghadirkan Yura Bachtiar dari Tim StillUp Academy sebagai narasumber ahli. Pria tersebut memberikan materi tentang dasar-dasar dalam pembuatan video serta berbagai teknik editing video efektif dengan menggunakan aplikasi CapCut, yang merupakan salah satu aplikasi editing video yang populer.

“Menurut saya, tiap video promosi harus mengandung tiga unsur penting, yaitu visual (gambar), teks (subtitle), dan voice over. Hal ini dilakukan agar video yang telah kita buat dapat dinikmati oleh semua pihak,” ujarnya.

Selain itu, materi selanjutnya disampaikan oleh Muhammad Fajar Shodiq dari Tim StillUp Academy, mengenai Seni Editing Video Aplikasi CapCut yang disertai praktik secara langsung. Kak Fajar, sapaannya, menjelaskan beberapa elemen yang terdapat dalam CapCut. Para peserta juga turut mengolah vidio sesuai arahan narasumber. Bagian yang menarik, beberapa mahasiswa turut menunjukkan hasil edit dengan khasnya masing-masing. Hasil edit tersebut akan diunggah untuk promosi kampus kepada para calon mahasiswa baru.

“Jadi dapat disimpulkan bahwa dalam editing vidio, pertama ada hook, isi vidio, call to action atau call to value,” akhir katanya sebelum menutup pelatihan praktis pada hari ini.

Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan para peserta dapat meningkatkan kemampuan dalam mengedit video sehingga dapat menghasilkan konten promosi kampus yang lebih menarik dan informatif. Kegiatan ini juga merupakan bagian dari upaya UINSA untuk terus meningkatkan kualitas dan profesionalisme dalam mengelola media kampus.

Writer: M. Ata Zaidan Taufiqi, Cahaya Kamila Ashari