Berita

UINSA Newsroom, Jumat (05/07/2024); 05 Juli 2024, tepat 59 Tahun UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya berdiri sejak 1965. Tahun 2024, peringatan hari bersejarah tersebut dirayakan dengan serangkaian kegiatan. Dibuka dengan kegiatan senam sehat dan doa bersama yang diikuti seluruh jajaran tim manajemen dan civitas akademika UINSA Surabaya di Gedung Sport Centre KH. Syaifuddin Zuhri Kampus A. Yani UINSA Surabaya.

Rektor UINSA Surabaya, Prof. Akh. Muzakki, M.Ag., Grad.Dip.SEA., M.Phil., Ph.D., dalam sambutannya menyampaikan, 59 tahun bukan hanya sebagai penanda kematangan fisik dengan pesatnya pembangunan insfrastruktur. Tapi juga menjadi penanda kematangan psikologis serta akademik UINSA Surabaya.

UINSA yang kala itu bernama IAIN Cabang Surabaya, telah melalui sejarah panjang perubahan nomenklatur. Tahun 1961, IAIN Cabang Surabaya berdasarkan SK Menteri Agama No. 17 Tahun 1961 IAIN Cabang Surabaya merupakan bagian dari IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Memiliki 2 fakultas di daerah. Fakultas Syariah di Surabaya dan Fakultas Tarbiyah di Malang.

Tahun 1965, empat tahun berselang, IAIN Cabang Surabaya resmi disebut IAIN Sunan Ampel Surabaya berdasarkan Keputusan Menteri Agama RI No. 20 Tahun 1965 Tanggal 5 Juli 1965. Saat itu, IAIN Sunan Ampel Surabaya memiliki kampus cabang yang tersebar di Jawa-Sumatera. Sebelum kemudian, pada tahun 1997 IAIN Sunan Ampel Resmi menjadi Kampus mandiri tanpa fakultas di Daerah berdasarkan Keputusan Presiden No. 11 tahun 1997.

Sejarah berlanjut dengan perubahan statuta IAIN SA menjadi UINSA Surabaya berdasarkan Peraturan Presiden No. 65 Tahun 2013 tanggal 2 Oktober 2013. “Saya mewakili seluruh tim manajemen UIN Sunan Ampel Surabaya menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh teman-teman, pegawai, dosen, mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya yang telah menjadi bagian dari keberkahan UIN Sunan Ampel Surabaya dalam usia yang ke-59 ini,” ujar Prof. Muzakki.

Ucapan terima kasih juga disampaikan Rektor kepada segenap stakeholder, mitra kerja, serta semua pihak yang turut berpatisipasi dalam peringatan Dies Natalis UINSA Surabaya. Selain itu, Rektor juga menegaskan akan menggelar serangkaian kegiatan sebagai penanda dies natalis ke-59 UINSA. Salah satunya agenda public lecture dengan tema, ‘Membedah Pemikiran Sunan Ampel.’ (Nur/Humas)

Redaktur: Nur Hayati
Foto: MN. Cahaya
Highlight: Tim DTV FDK