Berita

Surabaya, 14 Juni 2024 – Acara Public Speaking Workshop and Competition ini dilaksanakan pada hari Jum’at tanggal 14 Juni 2024 di Meeting Room Lt. 9 Gedung Teungku Ismail Ya’qub. Workshop ini dihadiri secara langsung oleh Wakil Rektorat 3 UIN Sunan Ampel Surabaya, Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Ampel Surabaya serta pemateri yang pastinya tidak kalah hebat.

Penyampaian materi pertama yakni oleh Prof. Dr. Moh. Ali Aziz, M.Ag selaku Author of Public Speaking : Gaya dan Teknik Pidato Dakwah and Professor of the Faculty of Da’wa and Communication, UINSA. Materi yang disampaikan adalah tentang bagaimana public speaking ala Rasulullah SAW di era sekarang, materi ini memberikan inspirasi bagi para peserta untuk terus mengingat bagaimana merealisasikan ajaran Rasulullah SAW sehingga dalam konteks pembahasan ini diharapkan peserta jauh lebih mengingat ajaran yang telah diajarkan oleh Rasulullah kedalam kehidupan sehari-hari terutama ketika menjadi seorang pemimpin.

Pemateri kedua yakni oleh Dr. Fikry Zahria Emeraldien selaku Lecturer and Secretary of The Bachelor of Communication Study Program, UINSA. Materi yang disampaikan mengenai pentingnya public speaking terutama ketika menjadi seorang pemimpin, pembahasan tersebut juga memberikan gambaran atau contoh kepada peserta dengan salah satu tokoh yakni Rowan Atkinson agar mahasiswa lebih mengenali dirinya sendiri dan berani menonjolkan ciri khasnya seperti apa yang dilakukan oleh Rowan Atkinson melalui karakter Mr.Bean . Tidak hanya itu para peserta juga menyampaikan makna-makna yang dimaksud dalam pembahasan materi beliau sehingga dapat memberikan maksud dan makna yang berkesan pada setiap peserta.

Pemateri ketiga yakni Reinaldy Kurniawan selaku HRD Manager at Just Speak Indonesia and YSEALI Academic Fellow Awardee 2017 – University of Nebraska – Omaha. Materi yang disampaikan soal pemahaman terkait public speaking yang dikemas melalui kata “Mesin Waktu” Memimpin Lewat Cerita, pada materi ini para peserta diberikan gambaran terkait bagaimana sebuah cerita bisa diterapkan ketika menjadi seorang pemimpin dan hal ini memiliki kecenderungan lebih terhadap keberhasilan seorang pemimpin. Para peserta juga sangat antusias dengan memberikan beberapa pertanyaan kepada pemateri terakit materi yang disampaikan.

Acara ini terlaksana dengan penuh antusiasi dari para tamu undangan, pemateri, peserta hingga panitia yang bertugas. Semoga apa yang didapatkan dalam acara ini dapat direalisasikam oleh siapapun yang hadir dalam serangkaian acara tersebut. Ikuti keseruannya disosial media Sea Colab, Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Ampel Surabaya serta JustSpeak.id