Berita

Program studi (prodi) Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) UIN Sunan Ampel Surabaya (UINSA) kerahkan sejumlah empat mahasiswa terjun dalam program profesi magang merdeka belajar kampus merdeka (MBKM) jalin kerjasama dengan Biro Administrasi Pimpinan Sekretariat Daerah Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim).

Sebanyak empat mahasiswa prodi KPI ini telah menyelesaikan program profesi magang MBKM yang ditempatkan di Biro Administrasi Pimpinan Sekretariat Daerah Pemerintah Provinsi Jawa Timur  bagian materi dan komunikasi pimpinan.

Program profesi magang MBKM yang terhitung tiga bulan ini, memberikan pelajaran praktis, dan pengalaman dalam dunia profesional kehumasan dalam ruang lingkup birokrasi pemerintahan provinsi Jawa Timur. Selama menjalani program magang ini, para mahasiswa bertugas dalam hal peliputan semua kegiatan press release dan dokumentasi yang ada dalam pemerintahan.

Keempat mahasiswa tersebut adalah Farid Ali Yafi, Dzulfikar Sirajuddin Fawwaz, M. Wildan Sultoni, dan Sa’idatul Hasanah. Program profesi magang MBKM ini berlangsung selama tiga bulan dihitung sejak 01 Februari hingga 02 Mei 2024. Program ini menjadi program perdana yang diluncurkan oleh UINSA sebagai pembekalan mahasiswa terjun dalam lingkungan pekerjaan secara nyata.

Farid Ali Yafi selaku ketua tim magang MBKM menuturkan bahwasanya program profesi magang MBKM ini sangat memberikan nilai positif dan manfaat jangka panjang bagi mahasiswa.

“Kami dari peserta magang MBKM ini sangat mengucapkan terimakasih banyak kepada Biro Administrasi dan Pimpinan Sekretariat Daerah Pemerintah Provinsi Jawa Timur, khususnya staf bagian materi dan komunikasi pimpinan yang telah menerima dan memberikan kesempatan kami untuk menimba pengalaman berharga dalam bidang kehumasan pemerintahan provisi Jawa Timur” Ujarnya dalam sambutan terakhir penutupan magang MBKM.

Program magang MBKM ini turut memberikan hasil dan kebermanfaatan bagi segala pihak, baik dari mahasiswa, dan instansi Pemprov Jatim. Para mahasiswa mendapatkan kesempatan terjun langsung secara praktis untuk mengimplementasikan teori dalam bangku perkuliahan, sementara instansi Pemprov Jatim mendapatkan tambahan tenaga terdidik dan disiplin yang membantu meringankan operasional kehumasan pemerintah.

Pada penutupan program magang MBKM ini, kepala Sub Bagian Dokumentasi Pimpinan Bapak Joko Bramono Susilo, S.Sos memberikan apresiasi yang tinggi terhadap kinerja para mahasiswa selama magang MBKM berlangsung (02/05/2024).

“Terimakasih adek-adek sudah memberikan kinerja terbaiknya selama magang MBKM ini, semoga menjadi bekal berharga setelah lulus nanti bisa langsung dapat pekerjaan sesuai impian kalian, jangan lupakan Biro Adpim pintu Biro Adpim akan selalu terbuka untuk kalian” Pungkas Bramono pada penutup sambutan magang MBKM.

Penulis: frd/dzl/wld/sdh
Editor: Nur Romdlon