Berita

TAK HANYA LOMBA, PRODI GIZI UINSA JUGA GELAR TALK SHOW UNTUK PERINGATI HARI GIZI NASIONAL 2023

Gununganyar, Surabaya — (01/02/2023) Fakultas Psikologi dan Kesehatan UINSA memperingati Hari Gizi Nasional Ke-63 dengan mengadakan berbagai perlombaan. Acara final dilaksanakan di Auditorium FPK, Kampus II, Gununganyar. Panitia yang bertugas antara lain dosen dan mahasiswa gizi UINSA. Dihadiri Rektor UINSA beserta Jajaran Dekan dan Dosen FPK.

Perlombaan yang diikuti siswa-siswi SMA Surabaya dan sekitarnya ini dibuka oleh Esti Novi Andyarini, M. Kes, selaku pembawa acara pembukaan.

Diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh mahasiswa. Yang dilanjut dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hymne UINSA.

Kemudian dibuka dengan sambutan dari Dr. Phil. Khairun Niam selaku Dekan FPK. Menurut beliau, kita harus adaptif dengan perkembangan disamping branding dengan FPK, ada juga layanan kesehatan.

Dilanjutkan dengan sambutan oleh Prof. Akh. Muzakki, M.Ag., Grad. Dip.SEA., M.Phil., Ph.D., selaku Rektor UINSA, yang menilai positif peringatan Hari Gizi ini, “Acara ini keren, saya senang sekali.” Tukas beliau yang mengundang tepuk tangan audiens. Setelah acara dibuka oleh beliau, Prof. Dr. Rubaidi, M.Ag, selaku Wakil Dekan III pun memimpin doa bersama. Lalu, dengan dinyanyikannya lagu Bagimu Negeri maka berakhirlah sesi pembukaan acara ini.

Setelahnya, diputarkan kumpulan video juara TikTok Challenge kategori Viewers yang dimenangkan oleh Tim Farah Lubna Humairah, Juara Kategori Favorite dimenangkan oleh Tim Ellissyah Retno Nur Kalimaya, dan Juara Kategori Likes terbanyak dimenangkan oleh Tria Ayu Rahmawati.

Kemudian memasuki agenda selanjutnya, yakni Talk Show mengenai Tantangan Utama dalam Menjalankan Diet Sehat pada Era Kekinian oleh Ria Qadariah Arief, SKM., M.Kes dan Tantangan Diet Sehat Era Kekinian oleh Romyun, dengan dimoderatori oleh Sri Hidayati L, SKM,M.Kes. Tak lupa, Talk Show ini diwarnai dengan sesi tanya jawab dan foto bersama.

Di sela-sela acara, panitia memberikan doorprize bagi para peserta dengan cara yang unik, yakni mencari di bawah tempat duduk mereka masing-masing. Tentunya, hal ini mampu mencairkan suasana acara.

Akhirnya yang telah ditunggu-tunggu pun tiba, kelima peserta final diberikan kesempatan untuk mempresentasikan essay mereka. Penilaian essay meliputi: Kemampuan mendeskripsikan gagasan, menjelaskan isi presentasi, menunjukkan orisinalitas, menjelaskan inovasi dan manfaat, mempertahankan konsep dalam menjawab pertanyaan, menjelaskan hasil, dan sikap dalam presentasi.

Kompetisi Essay ini dimenangkan oleh MAN 2 GRESIK sebagai Juara I, SMA NEGERI 5 SURABAYA sebagai Juara II, dan SMAN 1 SOOKO MOJOKERTO sebagai Juara III, SMA NEGERI 1 BABAT LAMONGAN sebagai Harapan I, MAN KOTA SURABAYA sebagai Harapan II. Setelah pemberian trophy dan hadiah untuk para juara. Acara ini ditutup oleh Funsu Andiarna, M. Kes, dan Endang Wahyuni, S.Ag, M.Psi, selaku moderator, pada pukul 12.26 siang setelah sesi foto bersama. (AYD)