Berita

AutoCAD adalah perangkat lunak komputer CAD untuk menggambar 2 dimensi dan 3 dimensi yang dikembangkan oleh Autodesk. Keluarga produk AutoCAD, secara keseluruhan, adalah software CAD yang paling banyak digunakan di dunia. AutoCAD digunakan oleh insinyur sipil, land developers, keprofesian teknik lingkungan dan lain-lain.

AutoCAD berawal dari program yang dimulai pada tahun 1977, dan kemudian dirilis pada 1979 yaitu Interact CAD. Selain itu juga masuk dalam dokumen Autodesk awal sebagai MicroCAD, ditulis sebelum pembentukan Autodesk (Marinchip Software Partners) oleh pendiri Autodesk Michael Riddle. Autodesk memulai versi pertama dengan menunjukkan pameran Comdex tahun 1982 dan mulailah dirilis pada bulan Desember. Pada Maret 1986 Autodesk mengunggulkan AutoCAD dan berhasil menjadi program CAD paling populer di seluruh dunia. Autodesk merilis AutoCAD 2020 untuk sistem operasi Windows. Dan tahun sebelumnya 2019, rilis versi untuk Mac. Format file asli yang dibawa AutoCAD yaitu .dwg. dan format file pertukarannya  DXF (format file untuk interoperabilitas AutoCAD dengan program lainnya dengan data CAD, terutama untuk pertukaran gambar 2D). Kemudian Autodesk juga mengembangkan format .dwf, untuk menerbitkan data CAD.

Kuliah Software Autocad ini dilaksanakan selama dua hari yang di isi oleh pemateri alumni Teknik Lingkungan Uin Sunan Ampel Surabaya yaitu Hedry Arya S.T. kegiatan ini dilaksanakan digedung FST lantai 9 yang dilaksanakan salama dua hari. Hari pertama peserta sangat antusias mengenai penjelasan software Autocad, peserta yang berasal dari mahasiswa baru angkatan 2022 sangat tertarik mengenai autocad dan sangat aktif bertanya mengenai software ini.

Pelatihan dilanjutkan dihari kedua, yaitu peserta diberikan kebebasan untuk mempraktekkan dan didampingi oleh mentor yang bertugas untuk membantu kendala peserta. Praktek dilakukan dengan dipandu oleh pemateri yang mengarahkan step by step cara memanfaatkan tools yang ada. Setelah praktek selesai, peserta wajib mengerjakan tugas pasca pelatihan dimana tugas tersebut berupa menggambar denah sederhana yang dituangkan pada software autocad dan pada sketchbook.

Berikut dokumentasi Kuliah Software Autocad:

dokumentasi hari pertama

dokuemntasi hari kedua