Berita
SIAP BERKOLABORASI, ROMBONGAN FISIP UIN SUNAN AMPEL SURABAYA KUNJUNGI MASJID CHENGHOO SURABAYA

Jajaran pimpinan dan dosen FISIP UIN Sunan Ampel Surabaya mengadakan kunjungan ke Masjid Cheng Hoo Surabaya pada hari Jumat tanggal 19 Agustus 2022. Rombongan diterima langsung oleh Ketua Yayasan Haji Muhammad Cheng Hoo Indonesia (YHMCHI), H.A Nurawi. Selain bertemu kangen setelah lebih dari dua tahun tidak bertemu akibat pandemi, kunjungan ini diadakan dalam rangka menyambung silaturahim, berkomunikasi, dan berdiskusi, utamanya dalam hal kerjasama.

Pihak FISIP UIN Sunan Ampel Surabaya diwakili oleh Dr. Abd. Chalik (Dekan FISIP), Dr. Iva Yuliati (Wakil Dekan I FISIP), Rizki Rahmadini Nurika, MA (Ketua Prodi Hubungan Internasional), Masitah Effendi, M.Sosio (Sekretaris Prodi Sosiologi), Ridha Amaliyah, MBA (Ketua Pusat Kajian Indonesia-Tiongkok), M. Jave Zulkarnaen, MA (Dosen Prodi Hubungan Internasional), dan Shofiyah (Koordinator Subbagian Umum FISIP). Sementara dari pihak Cheng Hoo, selain H.A Nurawi, dihadiri pula oleh Ustad Hasan Basri (Pelaksana Harian YHMCHI) dan Ustad Hariyono Ong (Ketua Ta’mir Masjid Cheng Hoo Surabaya).

Dr. Abd. Chalik menyampaikan bahwa pihak FISIP UINSA telah lama menantikan untuk melakukan kunjungan silaturahim secara langsung ke Masjid Cheng Hoo Surabaya. Namun, situasi pandemi tidak memungkinkan. “Terima kasih kami telah diterima dengan baik. Kunjungan ke masjid ini sudah seperti mengunjungi keluarga dekat kami. Kita sudah punya ikatan yang kuat secara kelembagaan maupun personal. Jangan sampai putus silaturahimnya”, tegas Dekan FISIP yang resmi menjabat sejak bulan Juni 2022 ini. Ia lantas mengungkapkan betapa FISIP UINSA dan YHMCHI perlu membangun kembali komunikasi yang intens demi terwujudnya kerjasama di masa akan datang.

H.A Nurawi mengatakan bahwa kedua belah pihak sudah teruji kekompakannya semenjak berkolaborasi menyelenggarakan Konferensi Zhenghe Internasional ke-5 di Surabaya tahun 2019, “Ayo kita inisiasi kembali kerjasama selanjutnya. Apalagi situasinya sudah lebih kondusif dari tahun-tahun lalu.” Lanjutnya, dalam waktu dekat, YHMCHI mempunyai rencana untuk mengadakan forum bisnis dan investasi industri halal dengan berbagai pihak. Ia sangat berharap FISIP UINSA bisa mengambil andil di dalamnya sebagai perwakilan dari insititusi pendidikan tinggi Islam. Rombongan FISIP UINSA pun menyambut dengan semangat ajakan baik ini.

Kunjungan ditutup dengan saling bertukar cinderamata dan berfoto di depan Masjid Cheng-Hoo. Dr Abd. Chalik menegaskan bahwa pihak FISIP UINSA siap bekerjasama. Gedung FISIP di kampus Gununganyar selalu terbuka bagi kawan-kawan YHMCHI untuk berdiskusi maupun mempersiapkan kegiatan kerjasama dimaksud. (jave/ridha)