Berita

UIN Sunan Ampel Surabaya

Thursday, 7 July 2022

SEKOLAH ADMINISTRASI: REKTOR AJAK PERANGKATNYA BERINOVASI

UINSA Newsroom, Kamis (07/07/2022); Sehari pasca Pengangkatan Wakil Dekan dan Wakil Direrktur Pascasarjana, Kepala UPT, serta Pusat pada Lembaga, Wakil Koordinator dan Sekretaris Kopertais Wilayah IV Surabaya, UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya langsung menggelar kegiatan bertajuk ‘Sekolah Administrasi.’ Hal ini sebagaimana arahan Rektor, pada kesempatan pengangkatan pejabat masa jabatan 2022-2026 tersebut.

Kamis, 07 Juli 2022 bertempat di Hall Lt. 5 Gedung GreenSA Inn Sidoarjo, kegiatan ini dihadiri jajaran pimpinan Rektorat, unit, pusat dan lembaga, serta Tim Manajemen baik pusat maupun fakultas. Kegiatan dibuka dengan sambutan Rektor UINSA Surabaya, Prof. Akh. Muzakki, M.Ag., Grad.Dip.SEA., M.Phil., PH.D. Dilanjutkan dengan paparan dari Narasumber Komisioner Komnas Perlindungan Perempuan dan Anak, Siti Aminah Tardi, S.H.

Rektor menjelaskan, bahwa kegiatan ini digelar dalam rangka pembekalan pengetahuan administrasi bagi pejabat di lingkungan UINSA Surabaya. Sebagaimana disampaikan dalam sambutan, bahwa para pejabat memiliki tanggung jawab besar pasca dilantik untuk bisa menjalankan amanahnya dengan baik. Salah satunya dengan memahami tata administrasi  birokrasi. “Hanya karena madzhab kerja kita GPL, obrak-abrik tidak bisa saudara-suadara sekalian. GPL ya GPL tapi aturan diikuti,” tegas Prof. Muzakki.

Dalam rangka itu, lanjut Rektor, kegiatan ini mengagendakan paparan dari Kepala Biro hingga Kepala Bagian/Koordinator yang berkaitan dengan Tugas dan Fungsi masing-masing. “Supaya habis ini tidak boleh atas nama tidak tahu melakukan sesuatu yang bisa ambyar dari sisi administrasi,” ujar Prof. Muzakki.

Rektor juga berpesan, agar para pejabat di unit masing-masing tidak takut untuk berinovasi. Karena para pejabat yang dilantik bukan karena titipan dan tekanan dari siapapun. Para pejabat memiliki kebebasan untuk berinovasi dan berimprovisasi. “Tapi merdeka dalam regulasi, supaya kita tidak salah. Kenapa? Karena ada uang rakyat, uang negara yang bersama kita dalam pelaksanaan jabatan ini,” terang Prof. Muzakki.

Pada kegiatan Sekolah Administrasi ini, Rektor juga berharap, agar segenap pejabat dan pimpinan di masing-masing unit membuat enam inovasi dalam setahun. Setiap usulan inovasi ini nantinya akan direkap dan menjadi bagian dari input kebijakan yang akan dirapatkan dengan pimpinan Fakultas serta Wakil Rektor.

“Selamat datang bapak ibu sekalian, seluruh tim manajemen di UIN Sunan Ampel Surabaya. Mari kita menjadi bagian dari kemuliaan, menunaikan tugas yang diberikan oleh pemerintah kepada kita dengan kinerja yang terbaik,” tukas Prof. Muzakki. (Nur/Humas)